Tradisi Sambut Ramadhan, Ada Daerahmu?

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan idaman yang ditunggu-tunggu para umat Muslim. Di bulan ini, banyak sekali keberkahan serta pahala kebaikan yang akan diraih dan insyaAllah akan dilipatgandakan. Selain berkah, banyak juga tradisi sambut Ramadhan.

Sahabat Muslim, sudah mempersiapkan amalan – amalan menyambut bulan Ramadhan belum? Semoga semua sudah dijalankan dan menjadi ladang pahala ya! Aamiin. Selain mempersiapkan amalan tersebut, Sahabat Muslim juga bisa nih mempererat tali silaturahmi untuk menyambut bulan Ramadhan, seperti makan dan masak bersama, membersihkan diri, membersihkan masjid, berziarah, dan lain sebagainya. 

Lantas, apa saja sih tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan biasanya? Simak selengkapnya di sini.

Munggahan (Jawa Barat) 
Sumber Gambar: Unsplash.com

Dalam bahasa Sunda, Unggah itu artinya beranjak ke tempat yang lebih tinggi, sedangkan dalam artian Islam, Umat Muslim akan berpindah dari Bulan Sya’ban ke bulan agung penuh berkah. Biasanya, masyarakat Jawa Barat akan mengisi kegiatan munggahan ini dengan makan – makan bersama keluarga/kerabat/tetangga sekitar. 

Padusan (Jawa Tengah dan Yogyakarta) 
Sumber Gambar: Unsplash.com

Padusan berasal dari kata ‘Adus’ yang berarti mandi. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan membersihkan jiwa dan raga untuk menyucikan diri. Jadi, saat Bulan Ramadhan datang, Umat Muslim dapat menjalani ibadah dalam keadaan suci lahir maupun batin. 

Membakar Batu dan Meletakkan Makanan (Papua)
Sumber Gambar: Papuainside.com

Tradisi selanjutnya datang dari Masyarakat Papua yang penduduknya menganut Agama Islam. Tradisi mereka adalah membakar batu dan meletakkan bahan makanan di atasnya untuk disantap bersama – sama. Tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi sekaligus menjadi ajang bermaaf – maafan dengan seluruh kerabat.

Punggahan (Sumatera Utara) 
Sumber Gambar: Unsplash.com

Tradisi ini memiliki arti “Naik” yang diharapkan mampu menaikkan derajat manusia ketika menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Tradisi punggahan dilakukan secara berbeda di setiap daerah di Sumatera Utara. Masyarakat biasanya akan membawa makanan untuk berkumpul bersama dan menyantap di masjid. Hingga kini, tradisi ini masih dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat Sumatera Utara.

Mohibadaa (Gorontalo)
Sumber Gambar: Unsplash.com

Masyarakat Gorontalo juga memiliki tradisi unik dalam menyambut Bulan Ramadhan, yaitu membalurkan ramuan rempah – rempah tradisional sebagai masker wajah. Mohibadaa dilakukan untuk menjaga kondisi kulit, karena biasanya saat puasa kulit terasa kering ditambah lagi dengan cuaca yang panas. 

Jadi gimana? Udah ada yang jalanin tradisi ini bareng keluarga/kerabat ataupun tetangga? Selain meningkatkan rasa semangat dan antusias menyambut Bulan Ramadhan, tradisi tersebut juga dapat mempererat tali silaturahmi bersama keluarga/kerabat dan juga tetangga. 

Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya Sahabat Muslim. Semoga segala dosa kita diampunkan oleh Allah SWT, puasa kita diterima, serta bertemu di bulan Ramadhan tahun berikutnya. 

Nggak perlu khawatir liburan ke negara lain, baca artikelnya : Negara tanpa PCR

Referensi: 

https://inisumedang.com/puasa-tinggal-3-hari-lagi-ini-tradisi-sambut-ramadhan-di-berbagai-daerah/

https://hype.grid.id/read/433212273/tradisi-puasa-dan-lebaran-beragam-tradisi-unik-masyarakat-indonesia-untuk-menyambut-ramadan-di-berbagai-daerah?page=3

https://lampungtengah.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-2204096972/tradisi-unik-menyambut-bulan-suci-ramadhan-di-berbagai-daerah-di-indonesia-apakah-didaerahmu-masih-melakukan

5 Amalan Nisfu Sya’ban yang Membawa Kebaikan

Nisfu Sya’ban adalah tanda atau peringatan tanggal 15, bulan ke delapan dari kalender Islam. Nisfu Sya’ban dianggap sebagai malam penuh berkah, malam pengampunan, dan pembebasan. Sebagai Umat Muslim, Nisfu Sya’ban merupakan malam untuk mendapatkan segala kebaikan, keberkahan, dan juga pengampunan dosa. 

Selain itu, malam Nisfu Sya’ban juga memiliki amalan – amalan yang sangat luar biasa. 

Sama seperti Bulan Ramadhan, Nisfu Sya’ban juga memiliki berbagai amalan istimewa yang dapat kita lakukan. Amalan tersebut dapat dilakukan sebelum ataupun saat Nisfu Sya’ban berlangsung. Berikut amalan – amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan saat Nisfu Sya’ban. 

Melakukan Salat Sunnah 

Salat Sunnah merupakan salah satu amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan saat Nisfu Sya’ban. Terdapat beberapa Salat Sunnah yang dianjurkan, yaitu salat Tasbih, Salat Hajat, dan Salat Taubat. 

Membaca Dua Kalimat Syahadat

Sayyid Muhammad bin Alawi dalam Kitab Ithmi’nanul Qulub Bidzikri ‘Allamil Ghuyub mengatakan bahwa seorang muslim bisa mengisi waktu yang penuh berkah dengan membaca dua kalimat syahadat. Kalimat syahadat apabila sering dibacakan itu sangat baik, terlebih lagi pada Nisfu Sya’ban.

Berpuasa

Puasa pada malam Nisfu Sya’ban biasanya dilaksanakan pada Ayyamul Bidh. Di bulan Sya’ban ini, Rasulullah SAW. bersabda bahwa amal – amal hambaNya diangkat atau diterima oleh Allah di bulan Sya’ban, jadi sangat baik ketika kita berpuasa. 

Membaca Surat Yasin Tiga Kali 

Surat Yasin yang dibaca pertama kali adalah untuk memohon panjang umur dan ketaatan kepada Allah SWT, kedua untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala, dan ketiga untuk memohon ditetapkannya iman Islam hingga akhir hayat. 

Membaca Al Qur’an dan Surat Al Waqiah 

Pada malam Nisfu Sya’ban, Umat Muslim bukan hanya membaca Surat Yasin, tetapi juga Surat Al Waqiah untuk memohon rezeki yang berkah. Dalam sebuah hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud, Rasulullah saw. bersabda bahwa Umat Muslim yang membaca Surat Al Waqiah tiap malam, maka ia tidak akan jatuh miskin. 

Nah, itu dia beberapa amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan saat Nisfu Sya’ban,  mulai dari ketentuan membaca surat Al Qur’an hingga melaksanakan Shalat Sunnah. Yuk kita terapkan beberapa amalan istimewa ini. Semoga Allah SWT melipatgandakan pahala kita, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Referensi: 

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5970996/7-amalan-nisfu-syaban-lengkap-dengan-doa-dan-keutamaannya

https://hot.liputan6.com/read/4911994/5-amalan-nisfu-syaban-sesuai-sunah-yang-sayang-dilewatkan-penuh-keutamaan

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220316105658-284-771908/doa-dan-amalan-malam-nisfu-syaban-2022

https://www.pikiran-rakyat.com/khazanah-islam/pr-013991329/9-amalan-malam-nisfu-syaban-lengkap-dengan-doa-dan-keutamaannya?page=2

Jenis Investasi Ini Dilarang dalam Islam, Sudah Tahu?

Di jaman dulu, investasi pasti identik dengan tanah dan emas. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, ada beberapa barang yang bisa dikategorikan sebagai investasi dengan nilai cukup tinggi. 

Bicara tentang investasi, Islam adalah agama yang sangat lengkap, mengatur semua kehidupan manusia mulai dari hal kecil sampai hal yang berhubungan dengan ekonomi. Dalam Islam, pasti nggak lepas ya dengan aturan halal dan haram, begitu juga dengan investasi nih.

Lantas, investasi seperti apa saja yang dilarang dalam Islam?

Investasi Zat Haram 

Zat atau barang haram ini bisa seperti transaksi narkoba, bisnis minuman keras, perdagangan atau jual beli daging babi, serta jenis lain yang jelas – jelas diharamkan dalam Islam dan tidak diperbolehkan.

Investasi yang Mengandung Riba 

Riba adalah pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal dalam transaksi pinjam meminjam atau transaksi jual beli. Ciri dari investasi ini adalah membuat perjanjian imbalan bunga yang berjumlah beberapa persen.

Investasi Berunsur Maisir 

Maisir adalah istilah untuk praktik perjudian yang dilarang dalam Islam. Prakteknya, demi mendapatkan dana banyak, harus mengambil hak orang lain yang juga ikut melakukan investasi. Itulah kenapa Maisir ini dilarang dalam Islam. 

Investasi yang Mengandung Unsur Gharar 

Gharar artinya tidak jelas. Jadi, apabila kamu menemukan investasi yang berbasis online tetapi jenis bisnisnya tidak jelas atau tidak diketahui, lebih baik dihindari. Karena sebagai investor pun kita harus jelas mengetahui dari mana datangnya dana tersebut.

Bagaimana? Sudah tahukan investasi yang dilarang dalam Islam? Tentunya, Islam melarang karena ada maksud atau hikmah dibalik itu semua ya, seperti tidak merugikan orang lain dan juga diri sendiri. 

Jangan tergiur dengan investasi yang kelihatannya memiliki keuntungan tinggi! Selidiki dan pelajari dulu hukumnya dalam Islam. Semoga kita semua terhindar dari hal – hal yang tidak baik dalam agama dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. 

Referensi: 


https://www.most.co.id/tips-investasi/hati-hati-dalam-pilih-investasi-syariah-berikut-contoh-investasi-yang-diharamkan

https://blog.principal.co.id/id/mengenal-jenis-investasi-yang-dilarang-dalam-islam

Fakta Menarik Masjid Istiqlal, Jarang Diketahui 

Siapa yang nggak tau Masjid Istiqlal? Salah satu masjid terbesar dan terkenal se-Asia Tenggara ini menjadi spot tempat ibadah favorit banyak orang. Bukan hanya megah, tetapi juga memiliki sejarah yang banyak dan sangat menarik. Sahabat Muslim sudah pernah mengunjungi masjid ini belum? 

Pada saat bulan Ramadhan, sebelum pandemi, sangat ramai dan banyak orang yang berkunjung ke sana. Selain menjadi masjid yang memiliki bedug raksasa, ada fakta – fakta lainnya yang jarang diketahui banyak orang lho! Seperti apa fakta – fakta tersebut? Berikut fakta menarik tentang Masjid Istiqlal. 

Lokasi Awal Pembangunan

Awalnya, masjid ini didirikan di daerah Thamrin, Jakarta Pusat. Pemilihan lokasi ini dikarenakan Thamrin merupakan daerah yang memiliki banyak masyarakat Muslim dan belum ada bangunan lain di sampingnya. Namun, Bung Karno lebih memilih dibangun berdampingan dengan Gereja Katedral sebagai salah satu simbol toleransi dan semangat persaudaraan. 

Arsitek Masjid Istiqlal

Arsitek yang mendesain adalah seorang non muslim bernama Frederich Silaban kelahiran Bonan Dolok, Sumatera Utara dan merupakan seorang anak pendeta. Frederich yang memberikan desain berjudul Ketuhanan ini berhasil memenangkan sayembara desain pada tahun 1955. 

Arti Istiqlal 

Nama ‘Istiqlal’ disepakati karena memiliki arti kemerdekaan dalam bahasa Arab. Salah satu tujuan diberikan nama dan dibangun Masjid Istiqlal adalah untuk menghormati para pejuang Muslim yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Waktu Pembangunan 

Dibangun tepat pada hari peringatan kelahiran Rasulullah SAW. Hal ini terbukti pada saat pemancangan tiang pertama yang dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan kelahiran Rasulullah SAW. Sayangnya, pada waktu itu terdapat hambatan yaitu adanya kepentingan politik, sehingga akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.

Memiliki Terowongan yang Tersambung dengan Gereja 

Renovasi yang dibangun belum lama ini mendirikan terowongan yang tersambung dengan Gereja Katedral. Presiden Jokowi menginginkan simbol silaturahmi antar kedua umat beragama meski pembangunan ini sempat dikritik beberapa kalangan. 

Selain menjadi masjid terbesar yang bernuansa modern, ternyata banyak banget ya fakta-fakta yang jarang kita ketahui sebelumnya! Terutama, fakta bahwa salah satu arsitekturnya seorang non-muslim. Kedepannya, semoga masjid ini akan selalu menjadi salah satu spot sekaligus tempat ibadah favorit bagi semua orang, bahkan di luar Indonesia. 

Baca juga artikel ini

Referensi

https://travel.okezone.com/read/2021/04/13/408/2393803/9-fakta-menarik-masjid-istiqlal-awal-dibangun-hingga-pasca-renovasi

https://www.idntimes.com/news/indonesia/aldzah-fatimah-aditya/5-fakta-unik-masjid-istiqlal-dibangun-nonmuslim-dan-beduk-raksasa/3

https://www.popbela.com/lifestyle/travel/reza-iqbal/7-fakta-unik-41-tahun-masjid-istiqlal-karya-terbaik-anak-pendeta/5

Pentingkah Self Love dalam Islam?

Sahabat Muslim, pasti sering denger dong tentang Self Love dalam kehidupan sehari – hari dan ilmu psikologi? Sebetulnya dalam Islam pun memiliki pemaparannya sendiri lho dan termasuk hal yang penting juga. Sebelum mengenal lebih jauh dari sisi Islam, terlebih dahulu kita pahami apa sih Self Love itu secara umumnya? Self love itu sendiri memiliki arti mengenali dan mencintai diri sendiri. Jadi, Self Love ini betul – betul dilakukan hanya untuk diri sendiri pada setiap manusia. Bagaimana dengan Islam ya? Apakah Self Love dalam islam juga dianggap penting?

Amanat dari Allah SWT 

Menyayangi dan mencintai diri sendiri merupakan salah satu sebuah amanat dari Allah SWT. Mencintai diri dengan menerima segala kekurangan yang ada pada diri dan mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Bentuk Cinta kepada Allah SWT 

Menyayangi diri sendiri merupakan bentuk cinta dan kasih sayang kita kepada Allah SWT. Asumsinya, ketika kita tidak mencintai diri sendiri, kita juga tidak mencintai Allah SWT yang telah menciptakan kita.

Bentuk Taat kepada Allah SWT

Menurut pandangan Islam, konsep Self Love merupakan salah satu perintah Allah SWT yang harus kita taati. Karena dengan menyayangi diri sendiri, seseorang dapat lebih mensyukuri, menghargai kelebihan dan kekurangan yang telah dititipkan Allah dalam dirinya. 

Mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Namun, pada kenyataannya masih banyak yang belum memahami konsep Self Love ini. Masih banyak juga yang kurang peduli dengan menyayangi diri sendiri, padahal sangat penting lho. 

Jadi, buat Sahabat Muslim yang merasa masih kurang dalam menyayangi diri sendiri, harus lebih diperhatikan lagi ya. Karena dengan menyayangi diri sendiri, insyaAllah hati akan tenang, karena menerima apa pun yang ada dalam diri.

Baca juga tentang tradisi Ramadhan

Referensi: 

https://www.google.com/amp/s/rahma.id/self-love-dalam-islam-1-mengenal-diri-sendiri/%3famp=1

https://jurnalpost.com/self-love-dalam-pandangan-agama-dan-psikologi/19795/

https://www.uii.ac.id/mencintai-diri-sendiri-sebagai-bentuk-cinta-kepada-allah/

Hati – hati! Ini 5 Penyebab Terhalangnya Hidayah

Berbicara mengenai hidayah, pastinya seluruh Umat Muslim akan memohon serta menunggu hidayah datang. Lalu apa itu hidayah? Hidayah adalah petunjuk atau bimbingan yang diberikan Allah SWT untuk seseorang. 

Pertanyaannya, apakah semua orang akan mendapatkan hidayah? Hidayah itu hakikatnya dijemput bukan ditunggu, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Al Qur’an Surat Al Ankabut:69 menjelaskan bahwa orang – orang yang berjihad untuk (mencari Keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan jalan – jalan Kami. 

Namun, meski hidayah itu dijemput, tetapi ada beberapa hal yang menjadi penyebab sebuah hidayah akan terhalang lho. Berikut beberapa halnya : 

Zalim

Zalim adalah kegelapan diakhirat dan didunia, seseorang akan terhalang dari hidayah karena zalim terhadap orang lain ataupun dirinya sendiri. Salah satu zalim yang paling buruk adalah syirik. Seperti apa sikap syirik itu? Mengagung – agungkan atau menyembah selain Allah SWT. sudah termasuk syirik. 

Berbuat Kemaksiatan 

Maksiat merupakan bentuk penyimpangan dari ketaatan kepada Allah SWT dan perbuatan ini menjadi salah satu penghalang seseorang untuk mendapatkan hidayah. Selain menjadi penyebab terhalangnya hidayah, ada pula dosa yang diterima apabila kita berbuat kemaksiatan. 

Bergaul dengan Orang yang Buruk

Berteman atau bergaul dengan orang – orang yang buruk dapat menjadi hal terhalangnya hidayah. Rasulullah SAW. bersabda: Seseorang itu tergantung agama teman dekatnya. Oleh karena itu, salah satu diantara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman dekatnya. (HR Abu Dawud No. 4833 dan At Tirmidzi No. 2378. Ash Shahihah No. 927. 

Takut akan Celaan Manusia

Sulit mendapat hidayah bisa jadi karena adanya rasa kekhawatiran serta ketakutan seperti takut dikucilkan oleh keluarga, masyarakat, dan teman. Ketakutan seperti ini yang membuat seseorang tidak ingin kehilangan harga diri sehingga tidak ingin mengakui kebenaran. 

Takabur

Takabur atau sombong atau tinggi hati juga menjadi penyebab terhalangnya hidayah. Karena sifat sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. Kesombongan bisa membuat hati seseorang mengeras hingga Allah SWT tidak berkenan menurunkan hidayah.

Itu tadi lima hal yang menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah terhadap semua manusia dimuka bumi ini. Bagaimana Sahabat Muslim? Adakah yang mengalami hal – hal diatas? Segera dihindari ya! 

Karena lima hal diatas bisa menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah. Bisa saja orang sedang menunggu atau mencari hidayah, namun tidak terpikirkan akan hal – hal diatas. 

Semoga kita semua terhindar dari hal – hal diatas dan perbuatan tercela lainnya ya Sahabat Muslim.

Wallahu’alam

Baca juga artikel tentang pentingnya self-love

Referensi: 

https://www.republika.co.id/berita/quov3x320/3-penghalang-hidayah-allah-swt-untuk-seorang-hamba#:~:text=Seperti%20dikutip%20dari%20laman%20alukah,berbuat%20maksiat%2C%20dan%20melakukan%20pengkhianatan.

https://telisik.id/news/3-penyebab-kita-terhalang-dari-hidayah-allah-swt

https://penanews.net/tiga-penghalang-hidayah/

https://www.koranmemo.com/wisata-travelling/pr-1922074800/tiga-sebab-seseorang-terhalang-mendapat-hidayah-allah-swt?page=all

Berniat untuk Wakaf? Wajib ketahui jenis wakaf!

Berbicara tentang wakaf, pasti identik dengan masjid atau pemakaman. Padahal sebetulnya, tidak hanya keduanya lho! Seperti yang kita ketahui, Wakaf adalah sebagian harta yang diberikan untuk tujuan kebaikan dan dimanfaatkan oleh orang banyak. Kamu berniat untuk wakaf?

Pemakaman dan masjid menjadi bentuk yang paling umum sebagai harta yang bisa diwakafkan. Tetapi, sebetulnya terdapat beberapa jenis wakaf yang harus kita pahami ketika kita ingin berwakaf. Mulai dari jenis hartanya hingga peruntukkan wakaf itu sendiri. 

Biar makin paham, ArahMuslim bakal jelasin secara detailnya di bawah ini : 

Wakaf Berdasarkan Peruntukannya 

Terdiri dari Wakaf Ahli dan Wakaf Khairi (Kebaikan). Wakaf Ahli bertujuan untuk jaminan sosial dan kepentingan dalam lingkungan keluarga dan kerabat sendiri. Misalnya, harta yang diberikan hanya dapat dimanfaatkan oleh keluarga besar demi kebaikan. Sedangkan Wakaf Khairi, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan agama atau masyarakat umum. Bentuk dari wakaf ini misalnya lahan sawah atau rumah

Wakaf Berdasarkan Jenis Harta 

Jenis wakaf ini tergantung pada jenis harta yang diberikan, misalnya benda tidak bergerak (Tanah, rumah, tanaman), benda bergerak berupa uang (Wakaf tunai), dan benda bergerak selain uang (Surat berharga, bahan bakar minyak, dan benda yang dapat berpindah) 

Wakaf Berdasarkan Waktunya

Jenis wakaf ini terdiri dari dua jenis, yakni Muabbad dan Mu’aqqot. Muabbad diberikan untuk selamanya dan hak kepemilikan sepenuhnya diserahkan demi kebaikan umat tanpa batas waktu. Sedangkan, Mu’aqqot diberikan dalam jangka waktu tertentu.

Wakaf Berdasarkan Penggunaan Harta yang Diwakafkan

Pada jenis ini, wakaf dikelompokkan menjadi dua macam, yakni Ubasyir/dzati dan Mistitsmary. Ubasyir sendiri adalah harta wakaf yang bermanfaat bagi pelayanan masyarakat umum seperti Rumah sakit dan Madrasah. Sedangkan Mistitsmary adalah wakaf yang ditujukan untuk penanaman modal dalam produksi barang dan hasilnya diwakafkan sesuai keinginan orang yang berwakaf. 

Setelah tahu jenis – jenis wakaf secara umum, kita semakin tahu dan menambah wawasan ya, bahwa ternyata wakaf tidak hanya berbentuk rumah, masjid, dan pemakaman. 

Gimana Sahabat Muslim? Kamu sudah berniat untuk wakaf? Nah nggak perlu repot – repot lagi, karena di aplikasi ArahMuslim telah hadir fitur Wakaf yang bekerjasama dengan Badan Wakaf indonesia untuk memudahkan Sahabat Muslim dalam meraih kebaikan dunia akhirat.

Yuk Berwakaf di ArahMuslim! 😀 

Wallahu’alam

Baca juga artikel ini

Sumber: 

https://www.wujudaksinyata.org/news/jenis-jenis-syarat-dan-ketentuan-wakaf-sebelum-melakukannya

https://benefits.bankmandiri.co.id/article/jenis-dan-syarat-wakaf-yang-wajib-kamu-ketahui

https://www.rumah.com/panduan-properti/tentang-wakaf-hukum-wakaf-jenis-jenis-syarat-dan-aturan-hukum-23414

https://www.99.co/blog/indonesia/syarat-dan-jenis-wakaf/

BAZNAS Gandeng Aplikasi ArahMuslim Permudah Layanan Zakat Digital

FORUM Keadilan – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat menunaikan zakat, infak, sedekah (ZIS). Kali ini, BAZNAS kembali menggandeng salah satu mitra aplikasi yaitu ArahMuslim.

Kerjasama yang dijalankan BAZNAS dengan ArahMuslim berupa fitur layanan zakat yang terdapat di menu pembayaran zakat di aplikasi Arahmuslim dan juga kalkulator zakat untuk memudahkan para muzaki menghitung zakat mereka.

Secara simbolis penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) diberikan Sekretaris BAZNAS, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd kepada Founder & CEO Arah Muslim Arif Susilo di Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Sekretaris BAZNAS, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd menegaskan BAZNAS merupakan lembaga pemerintah non struktural, satu-satunya yang dibentuk pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) serta bertindak sebagai pengelola zakat nasional.

“Layanan zakat digital BAZNAS ini merupakan ikhtiar kita dalam memfasilitasi hak-hak keagamaan sekaligus memfasilitasi kewajiban keagamaan warga negara Indonesia khususunya yang beragama Islam,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ahmad mengatakan, BAZNAS dan ArahMuslim berkolaborasi menyediakan layanan kemudahan beribadah dalam menunaikan ZIS secara digital melalui layanan zakat yang tedapat di menu pembayaran zakat pada aplikasi Arahmuslim.

“BAZNAS berusaha mewujudkan layanan berdonasi yang diinginkan masyarakat: cepat, pasti dan mudah melalui teknologi yang reliable, salah satunya melalui ArahMuslim ini. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan proses penghimpunan ZIS dapat menjadi lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Ahmad berharap layanan kerjasama dengan ArahMuslim akan meningkatkan potensi kedua belah pihak, sehingga mampu mendorong dan menggelorakan kebangkitan zakat di Indonesia.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa untuk kerja sama ini. Mari kita bahu membahu dalam rangka membangun kesadaran gerakan pentingnya zakat di Indonesia ini,” kata Ahmad.

Sementara itu, Founder & CEO ArahMuslim Arif Susilo menyambut baik adanya layanan kemudahan pembayaran ZIS ke BAZNAS melalui ArahMuslim.

“BAZNAS sudah sangat siap terhadap new normal di era digital ini, sehingga penggiat startup sangat dimudahkan untuk bergabung. Hari ini kami bersyukur sudah bisa menjadi salah satu bagian dalam rangka memberikan kemudahan bagi muzaki untuk menyalurkan ZIS kepada BAZNAS yang nantinya disalurkan kepada para mustahik, sehingga penanggulangan kemiskinan di Indonesia dapat tercapai,” jelas Arif.

Arif juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas kerja sama ini.

“Kami berharap ArahMuslim dapat menjadi salah satu start up Muslim digital yang mampu meningkatkan literasi zakat di Indonesia,” ujarnya.

Sumber Berita:
https://forumkeadilan.com/tekno/baznas-gandeng-aplikasi-arahmuslim-permudah-layanan-zakat/

BAZNAS Berikan Layanan Kemudahan Zakat Melalui ArahMuslim

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, sedekah (ZIS). Kali ini, BAZNAS menggandeng salah satu mitra aplikasi muslim yaitu ArahMuslim.

Kerjasama yang dijalankan BAZNAS dengan ArahMuslim yaitu berupa fitur layanan zakat yang tedapat di menu pembayaran zakat diaplikasi Arahmuslim dan juga kalkulator zakat untuk memudahkan para muzaki untuk menghitung zakat mereka.

Secara simbolis penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) diberikan oleh Sekretaris BAZNAS RI Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd kepada Founder & CEO Arah Muslim Arif Susilo, di Kantor BAZNAS, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Sekretaris BAZNAS RI Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd menegaskan BAZNAS merupakan lembaga pemerintah non struktural, satu-satunya yang dibentuk pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) serta bertindak sebagai pengelola zakat nasional.

“Layanan zakat digital BAZNAS ini merupakan ikhtiar kita dalam memfasilitasi hak-hak keagamaan sekaligus memfasilitasi kewajiban keagamaan warga negara Indonesia khususunya yang beragama Islam,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ahmad mengatakan, BAZNAS dan ArahMuslim berkolaborasi menyediakan layanan kemudahan beribadah dalam menunaikan ZIS secara digital melalui layanan zakat yang tedapat di menu pembayaran zakat pada aplikasi Arahmuslim.

“BAZNAS berusaha mewujudkan layanan berdonasi yang diinginkan masyarakat: cepat, pasti dan mudah melalui teknologi yang reliable, salah satunya melalui ArahMuslim ini. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan proses penghimpunan ZIS dapat menjadi lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Ahmad berharap layanan kerjasama dengan ArahMuslim akan meningkatkan potensi kedua belah pihak, sehingga mampu mendorong dan menggelorakan kebangkitan zakat di Indonesia.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa untuk kerja sama ini. Mari kita bahu membahu dalam rangka membangun kesadaran gerakan pentingnya zakat di Indonesia ini,” kata Ahmad.

Sementara itu, Founder & CEO ArahMuslim Arif Susilo menyambut baik adanya layanan kemudahan pembayaran ZIS ke BAZNAS melalui ArahMuslim.

“BAZNAS sudah sangat siap terhadap new normal di era digital ini, sehingga penggiat startup sangat dimudahkan untuk bergabung. Hari ini kami bersyukur sudah bisa menjadi salah satu bagian dalam rangka memberikan kemudahan bagi muzaki untuk menyalurkan ZIS kepada BAZNAS yang nantinya disalurkan kepada para mustahik, sehingga penanggulangan kemiskinan di Indonesia dapat tercapai,” jelas Arif.

Arif juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas kerja sama ini.

“Kami berharap ArahMuslim dapat menjadi salah satu start up Muslim digital yang mampu meningkatkan literasi zakat di Indonesia.”harapnya.

Sumber Berita:
http://teropongsenayan.com/126523-baznas-berikan-layanan-kemudahan-zakat-melalui-arahmuslim

Perluas Layanan Zakat Digital, BAZNAS Gandeng ArahMuslim

SinggalangNews.com, Jakarta – Dalam perluas jaringan pembayaran zakat digital, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus melakukan inovasi dalam memberikan kemudahan masyarakat menunaikan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS). BAZNAS menggandeng salah satu mitra aplikasi muslim yang bernama “ArahMuslim”.

Dalam kerjasama antara BAZNAS dengan ArahMuslim yaitu berupa fitur layanan zakat yang tedapat di menu pembayaran zakat pada aplikasi ArahMuslim dan juga kalkulator zakat untuk memudahkan para muzaki untuk menghitung zakat mereka.

Secara simbolis penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) diberikan oleh Sekretaris BAZNAS RI Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd kepada Founder & CEO Arah Muslim Arif Susilo, di Kantor BAZNAS, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Sekretaris BAZNAS RI Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd menegaskan BAZNAS merupakan lembaga pemerintah non struktural, satu-satunya yang dibentuk pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) serta bertindak sebagai pengelola zakat nasional.

“Layanan zakat digital BAZNAS ini merupakan ikhtiar kita dalam memfasilitasi hak-hak keagamaan sekaligus memfasilitasi kewajiban keagamaan warga negara Indonesia khususunya yang beragama Islam,” ujarnya.

BAZNAS dan ArahMuslim berkolaborasi menyediakan layanan kemudahan beribadah dalam menunaikan ZIS secara digital melalui layanan zakat yang tedapat di menu pembayaran zakat pada aplikasi Arahmuslim.

Dikatakan bahwa, BAZNAS terus berusaha mewujudkan layanan berdonasi yang diinginkan masyarakat dengan cepat, pasti dan mudah melalui teknologi yang reliable, salah satunya melalui aplikasi ArahMuslim. Dengan adanya kemudahan ini, berharap proses penghimpunan ZIS dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Sehingga pelayanan kerjasama dengan ArahMuslim akan meningkatkan potensi kedua belah pihak, mampu mendorong dan menggelorakan kebangkitan zakat di Indonesia.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa untuk kerja sama ini. Mari kita bahu membahu dalam rangka membangun kesadaran gerakan pentingnya zakat di Indonesia ini,” kata Ahmad.

Sementara itu, Founder & CEO ArahMuslim Arif Susilo menyambut baik adanya layanan kemudahan pembayaran ZIS ke BAZNAS melalui fitur aplikasi ArahMuslim.

“BAZNAS sudah sangat siap terhadap new normal di era digital ini, sehingga penggiat startup sangat dimudahkan untuk bergabung. Kami bersyukur telah menjadi salah satu bagian dalam rangka memberikan kemudahan bagi muzaki untuk menyalurkan ZIS kepada BAZNAS. Yang nantinya disalurkan kepada para mustahik, sehingga penanggulangan kemiskinan di Indonesia dapat tercapai,” jelas Arif.

Kami mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas dilakukan kerja sama kali ini. Berharap ArahMuslim dapat menjadi salah satu start up Muslim digital yang mampu meningkatkan literasi zakat di Indonesia, pungkas Arif. (sm_r)

Sumber Berita:
https://www.singgalangnews.com/read-2001-2021-12-22-perluas-layanan-zakat-digital-baznas-gandeng-arahmuslim.html