5 Tradisi Sambut Ramadhan di Indonesia, Ada Daerah Kamu?

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan idaman yang ditunggu-tunggu para umat Muslim. Di bulan ini, banyak sekali keberkahan serta pahala kebaikan yang akan diraih dan insyaAllah akan dilipatgandakan. 

Sahabat Muslim, sudah mempersiapkan amalan – amalan menyambut bulan Ramadhan belum? Semoga semua sudah dijalankan dan menjadi ladang pahala ya! Aamiin. Selain mempersiapkan amalan tersebut, Sahabat Muslim juga bisa nih mempererat tali silaturahmi untuk menyambut bulan Ramadhan, seperti makan dan masak bersama, membersihkan diri, membersihkan masjid, berziarah, dan lain sebagainya. 

Lantas, apa saja sih tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan biasanya? Simak selengkapnya di sini.

Munggahan (Jawa Barat) 

Sumber Gambar: Unsplash.com

Dalam bahasa Sunda, Unggah itu artinya beranjak ke tempat yang lebih tinggi, sedangkan dalam artian Islam, Umat Muslim akan berpindah dari Bulan Sya’ban ke bulan agung penuh berkah. Biasanya, masyarakat Jawa Barat akan mengisi kegiatan munggahan ini dengan makan – makan bersama keluarga/kerabat/tetangga sekitar. 

Padusan (Jawa Tengah dan Yogyakarta) 

Sumber Gambar: Unsplash.com

Padusan berasal dari kata ‘Adus’ yang berarti mandi. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan membersihkan jiwa dan raga untuk menyucikan diri. Jadi, saat Bulan Ramadhan datang, Umat Muslim dapat menjalani ibadah dalam keadaan suci lahir maupun batin. 

Membakar Batu dan Meletakkan Makanan (Papua)

Sumber Gambar: Papuainside.com

Tradisi selanjutnya datang dari Masyarakat Papua yang penduduknya menganut Agama Islam. Tradisi mereka adalah membakar batu dan meletakkan bahan makanan di atasnya untuk disantap bersama – sama. Tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi sekaligus menjadi ajang bermaaf – maafan dengan seluruh kerabat.

Punggahan (Sumatera Utara) 

Sumber Gambar: Unsplash.com

Tradisi ini memiliki arti “Naik” yang diharapkan mampu menaikkan derajat manusia ketika menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Tradisi punggahan dilakukan secara berbeda di setiap daerah di Sumatera Utara. Masyarakat biasanya akan membawa makanan untuk berkumpul bersama dan menyantap di masjid. Hingga kini, tradisi ini masih dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat Sumatera Utara.

Mohibadaa (Gorontalo)

Sumber Gambar: Unsplash.com

Masyarakat Gorontalo juga memiliki tradisi unik dalam menyambut Bulan Ramadhan, yaitu membalurkan ramuan rempah – rempah tradisional sebagai masker wajah. Mohibadaa dilakukan untuk menjaga kondisi kulit, karena biasanya saat puasa kulit terasa kering ditambah lagi dengan cuaca yang panas. 

Jadi gimana? Udah ada yang jalanin tradisi ini bareng keluarga/kerabat ataupun tetangga? Selain meningkatkan rasa semangat dan antusias menyambut Bulan Ramadhan, tradisi tersebut juga dapat mempererat tali silaturahmi bersama keluarga/kerabat dan juga tetangga. 

Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya Sahabat Muslim. Semoga segala dosa kita diampunkan oleh Allah SWT, puasa kita diterima, serta bertemu di bulan Ramadhan tahun berikutnya. 

Referensi: 

https://hype.grid.id/read/433212273/tradisi-puasa-dan-lebaran-beragam-tradisi-unik-masyarakat-indonesia-untuk-menyambut-ramadan-di-berbagai-daerah?page=3

https://lampungtengah.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-2204096972/tradisi-unik-menyambut-bulan-suci-ramadhan-di-berbagai-daerah-di-indonesia-apakah-didaerahmu-masih-melakukan

5 Fakta Menarik tentang Masjid Istiqlal yang Jarang Diketahui 

Siapa yang nggak tau Masjid Istiqlal? Salah satu masjid terbesar dan terkenal se-Asia Tenggara ini menjadi spot tempat ibadah favorit banyak orang. Bukan hanya megah, Masjid Istiqlal ini memiliki sejarah yang banyak dan sangat menarik. Sahabat Muslim sudah pernah mengunjungi masjid ini belum? 

Pada saat bulan Ramadhan, sebelum pandemi, Masjid Istiqlal sangat ramai dan banyak orang yang berkunjung ke sana. Selain menjadi masjid yang memiliki bedug raksasa, ada fakta – fakta lainnya yang jarang diketahui banyak orang lho! Seperti apa fakta – fakta tersebut? Berikut fakta menarik tentang Masjid Istiqlal. 

Lokasi Awal Pembangunan

Awalnya, masjid ini didirikan di daerah Thamrin, Jakarta Pusat. Pemilihan lokasi ini dikarenakan Thamrin merupakan daerah yang memiliki banyak masyarakat Muslim dan belum ada bangunan lain di sampingnya. Namun, Bung Karno lebih memilih dibangun berdampingan dengan Gereja Katedral sebagai salah satu simbol toleransi dan semangat persaudaraan. 

Arsitek Masjid Istiqlal

Arsitek dari Masjid Istiqlal adalah seorang non muslim bernama Frederich Silaban kelahiran Bonan Dolok, Sumatera Utara dan merupakan seorang anak pendeta. Frederich yang memberikan desain berjudul Ketuhanan ini berhasil memenangkan sayembara desain Masjid Istiqlal pada tahun 1955. 

Arti Istiqlal 

Nama ‘Istiqlal’ disepakati sebagai nama masjid ini karena memiliki arti kemerdekaan dalam bahasa Arab. Salah satu tujuan diberikan nama dan dibangun Masjid Istiqlal adalah untuk menghormati para pejuang Muslim yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Waktu Pembangunan 

Masjid Istiqlal sendiri dibangun tepat pada hari peringatan kelahiran Rasulullah SAW. Hal ini terbukti pada saat pemancangan tiang pertama yang dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan kelahiran Rasulullah SAW. Sayangnya, pada waktu itu terdapat hambatan yaitu adanya kepentingan politik, sehingga akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.

Memiliki Terowongan yang Tersambung dengan Gereja 

Renovasi Masjid Istiqlal yang dibangun belum lama ini mendirikan terowongan yang tersambung dengan Gereja Katedral. Presiden Jokowi menginginkan simbol silaturahmi antar kedua umat beragama meski pembangunan ini sempat dikritik beberapa kalangan. 

Selain menjadi masjid terbesar yang bernuansa modern, ternyata banyak banget ya fakta-fakta yang jarang kita ketahui sebelumnya! Terutama, fakta bahwa salah satu arsitekturnya seorang non-muslim. Kedepannya, semoga masjid ini akan selalu menjadi salah satu spot sekaligus tempat ibadah favorit bagi semua orang, bahkan di luar Indonesia. 

Referensi: 

https://www.idntimes.com/news/indonesia/dini-suciatiningrum/6-fakta-unik-masjid-istiqlal-yang-wajib-kamu-ketahui/3

https://travel.okezone.com/read/2021/04/13/408/2393803/9-fakta-menarik-masjid-istiqlal-awal-dibangun-hingga-pasca-renovasi

https://www.idntimes.com/news/indonesia/aldzah-fatimah-aditya/5-fakta-unik-masjid-istiqlal-dibangun-nonmuslim-dan-beduk-raksasa/3

https://www.popbela.com/lifestyle/travel/reza-iqbal/7-fakta-unik-41-tahun-masjid-istiqlal-karya-terbaik-anak-pendeta/5

https://www.casaindonesia.com/article/read/5/2020/2855/5-Fakta-Unik-Masjid-Istiqlal-nan-Bersejarah

https://www.bobobox.co.id/blog/fakta-menarik-masjid-istiqlal/

Pentingkah Self Love dalam Islam?

Sahabat Muslim, pasti sering denger dong tentang Self Love dalam kehidupan sehari – hari dan ilmu psikologi? Sebetulnya dalam Islam pun memiliki pemaparannya sendiri lho dan termasuk hal yang penting juga. 

Sebelum mengenal lebih jauh dari sisi Islam, terlebih dahulu kita pahami apa sih Self Love itu secara umumnya? Self love itu sendiri memiliki arti mengenali dan mencintai diri sendiri. Jadi, Self Love ini betul – betul dilakukan hanya untuk diri sendiri pada setiap manusia. 

Bagaimana dengan Islam ya? Apakah Self Love juga dianggap penting?

Amanat dari Allah SWT 

Menyayangi dan mencintai diri sendiri merupakan salah satu sebuah amanat dari Allah SWT. Mencintai diri dengan menerima segala kekurangan yang ada pada diri dan mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Bentuk Cinta kepada Allah SWT 

Menyayangi diri sendiri merupakan bentuk cinta dan kasih sayang kita kepada Allah SWT. Asumsinya, ketika kita tidak mencintai diri sendiri, kita juga tidak mencintai Allah SWT yang telah menciptakan kita.

Bentuk Taat kepada Allah SWT

Menurut pandangan Islam, konsep Self Love merupakan salah satu perintah Allah SWT yang harus kita taati. Karena dengan menyayangi diri sendiri, seseorang dapat lebih mensyukuri, menghargai kelebihan dan kekurangan yang telah dititipkan Allah dalam dirinya. 

Mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Namun, pada kenyataannya masih banyak yang belum memahami konsep Self Love ini. Masih banyak juga yang kurang peduli dengan menyayangi diri sendiri, padahal sangat penting lho. 

Jadi, buat Sahabat Muslim yang merasa masih kurang dalam menyayangi diri sendiri, harus lebih diperhatikan lagi ya. Karena dengan menyayangi diri sendiri, insha Allah hati akan tenang, karena menerima apapun yang ada dalam diri.

Referensi: 

https://www.google.com/amp/s/rahma.id/self-love-dalam-islam-1-mengenal-diri-sendiri/%3famp=1

https://jurnalpost.com/self-love-dalam-pandangan-agama-dan-psikologi/19795/

https://www.uii.ac.id/mencintai-diri-sendiri-sebagai-bentuk-cinta-kepada-allah/

Hati – hati! Ini 5 Penyebab Terhalangnya sebuah Hidayah

Berbicara mengenai hidayah, pastinya seluruh Umat Muslim akan memohon serta menunggu hidayah datang. Lalu apa itu hidayah? Hidayah adalah petunjuk atau bimbingan yang diberikan Allah Swt untuk seseorang. 

Pertanyaannya, apakah semua orang akan mendapatkan hidayah? Hidayah itu hakikatnya dijemput bukan ditunggu, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Al Qur’an Surat Al Ankabut:69 menjelaskan bahwa orang – orang yang berjihad untuk (mencari Keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan jalan – jalan Kami. 

Namun, meski hidayah itu dijemput, tetapi ada beberapa hal yang menjadi penyebab sebuah hidayah akan terhalang lho. Berikut beberapa halnya : 

Zalim

Zalim adalah kegelapan diakhirat dan didunia, seseorang akan terhalang dari hidayah karena zalim terhadap orang lain ataupun dirinya sendiri. Salah satu zalim yang paling buruk adalah syirik. Seperti apa sikap syirik itu? Mengagung – agungkan atau menyembah selain Allah SWT. sudah termasuk syirik. 

Berbuat Kemaksiatan 

Maksiat merupakan bentuk penyimpangan dari ketaatan kepada Allah SWT dan perbuatan ini menjadi salah satu penghalang seseorang untuk mendapatkan hidayah. Selain menjadi penyebab terhalangnya hidayah, ada pula dosa yang diterima apabila kita berbuat kemaksiatan. 

Bergaul dengan Orang yang Buruk

Berteman atau bergaul dengan orang – orang yang buruk dapat menjadi hal terhalangnya hidayah. Rasulullah SAW. bersabda: Seseorang itu tergantung agama teman dekatnya. Oleh karena itu, salah satu diantara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman dekatnya. (HR Abu Dawud No. 4833 dan At Tirmidzi No. 2378. Ash Shahihah No. 927. 

Takut akan Celaan Manusia

Sulit mendapat hidayah bisa jadi karena adanya rasa kekhawatiran serta ketakutan seperti takut dikucilkan oleh keluarga, masyarakat, dan teman. Ketakutan seperti ini yang membuat seseorang tidak ingin kehilangan harga diri sehingga tidak ingin mengakui kebenaran. 

Takabur

Takabur atau sombong atau tinggi hati juga menjadi penyebab terhalangnya hidayah. Karena sifat sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. Kesombongan bisa membuat hati seseorang mengeras hingga Allah SWT tidak berkenan menurunkan hidayah.

Itu tadi lima hal yang menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah terhadap semua manusia dimuka bumi ini. Bagaimana Sahabat Muslim? Adakah yang mengalami hal – hal diatas? Segera dihindari ya! 

Karena lima hal diatas bisa menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah. Bisa saja orang sedang menunggu atau mencari hidayah, namun tidak terpikirkan akan hal – hal diatas. 

Semoga kita semua terhindar dari hal – hal diatas dan perbuatan tercela lainnya ya Sahabat Muslim.

Wallahu’alam

Referensi: 

https://www.republika.co.id/berita/quov3x320/3-penghalang-hidayah-allah-swt-untuk-seorang-hamba#:~:text=Seperti%20dikutip%20dari%20laman%20alukah,berbuat%20maksiat%2C%20dan%20melakukan%20pengkhianatan.

https://telisik.id/news/3-penyebab-kita-terhalang-dari-hidayah-allah-swt

https://www.koranmemo.com/wisata-travelling/pr-1922074800/tiga-sebab-seseorang-terhalang-mendapat-hidayah-allah-swt?page=all

Berniat untuk Wakaf? Ini Jenis Wakaf yang Wajib Kamu Ketahui

Berbicara tentang wakaf, pasti identik dengan masjid atau pemakaman. Padahal sebetulnya, tidak hanya keduanya lho! Seperti yang kita ketahui, Wakaf adalah sebagian harta yang diberikan untuk tujuan kebaikan dan dimanfaatkan oleh orang banyak. 

Pemakaman dan masjid menjadi bentuk yang paling umum sebagai harta yang bisa diwakafkan. Tetapi, sebetulnya terdapat beberapa jenis wakaf yang harus kita pahami ketika kita ingin berwakaf. Mulai dari jenis hartanya hingga peruntukkan wakaf itu sendiri. 

Biar makin paham, ArahMuslim bakal jelasin secara detailnya di bawah ini : 

Wakaf Berdasarkan Peruntukannya 

Terdiri dari Wakaf Ahli dan Wakaf Khairi (Kebaikan). Wakaf Ahli bertujuan untuk jaminan sosial dan kepentingan dalam lingkungan keluarga dan kerabat sendiri. Misalnya, harta yang diberikan hanya dapat dimanfaatkan oleh keluarga besar demi kebaikan. Sedangkan Wakaf Khairi, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan agama atau masyarakat umum. Bentuk dari wakaf ini misalnya lahan sawah atau rumah

Wakaf Berdasarkan Jenis Harta 

Wakaf jenis ini tergantung pada jenis harta yang diberikan, misalnya benda tidak bergerak (Tanah, rumah, tanaman), benda bergerak berupa uang (Wakaf tunai), dan benda bergerak selain uang (Surat berharga, bahan bakar minyak, dan benda yang dapat berpindah) 

Wakaf Berdasarkan Waktunya

Jenis wakaf ini terdiri dari dua jenis, yakni Muabbad dan Mu’aqqot. Muabbad diberikan untuk selamanya dan hak kepemilikan sepenuhnya diserahkan demi kebaikan umat tanpa batas waktu. Sedangkan, Mu’aqqot diberikan dalam jangka waktu tertentu.

Wakaf Berdasarkan Penggunaan Harta yang Diwakafkan

Pada jenis ini, wakaf dikelompokkan menjadi dua macam, yakni Ubasyir/dzati dan Mistitsmary. Ubasyir sendiri adalah harta wakaf yang bermanfaat bagi pelayanan masyarakat umum seperti Rumah sakit dan Madrasah. Sedangkan Mistitsmary adalah wakaf yang ditujukan untuk penanaman modal dalam produksi barang dan hasilnya diwakafkan sesuai keinginan orang yang berwakaf. 

Setelah tahu jenis – jenis wakaf secara umum, kita semakin tahu dan menambah wawasan ya, bahwa ternyata wakaf tidak hanya berbentuk rumah, masjid, dan pemakaman. 

Gimana Sahabat Muslim? Berniat untuk berwakaf? Nah nggak perlu repot – repot lagi, karena di aplikasi ArahMuslim telah hadir fitur Wakaf yang bekerjasama dengan Badan Wakaf indonesia untuk memudahkan Sahabat Muslim dalam meraih kebaikan dunia akhirat.

Yuk Berwakaf di ArahMuslim! 😀 

Wallahu’alam

Sumber: 

https://www.wujudaksinyata.org/news/jenis-jenis-syarat-dan-ketentuan-wakaf-sebelum-melakukannya

https://benefits.bankmandiri.co.id/article/jenis-dan-syarat-wakaf-yang-wajib-kamu-ketahui

https://www.rumah.com/panduan-properti/tentang-wakaf-hukum-wakaf-jenis-jenis-syarat-dan-aturan-hukum-23414

https://www.99.co/blog/indonesia/syarat-dan-jenis-wakaf/

Bagaimana Pandangan Islam tentang Tren Spirit Doll?

Sahabat Muslim, saat ini beberapa sosial media diliputi pemberitaan tentang fenomena tren spirit doll. Apa arti spirit doll itu? Spirit Doll artinya boneka arwah yang dipercaya dapat memberikan keuntungan bagi para pemiliknya. 

Banyak public figure Indonesia yang juga memiliki spirit doll (Boneka Arwah) dan merasa memiliki anak kecil yang hidup. Fenomena – fenomena ini membuat masyarakat merasa takut dan bertanya – tanya apakah hal tersebut boleh dilakukan? Lalu, bagaimana Islam memandang fenomena ini? Biar nggak penasaran, ArahMuslim bantu jelaskan ya!

Hukum Islam 

Menurut Ulama Buya Yahya, mempermainkan atau memiliki boneka untuk orang dewasa tidak dibenarkan dan bukan bagian dari budaya Islam. Dalam sebuah hadits dijabarkan sebagai berikut: 

“Aku dahulu pernah bermain boneka di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku memiliki beberapa sahabat yang biasa bermain bersamaku. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam masuk dalam rumah, mereka pun bersembunyi dari beliau. Lalu beliau menyerahkan mainan padauk satu demi satu lantas mereka pun bermain bersamaku” (HR. Bukhari no.6130).

Mengadopsi Boneka Tidak Dibenarkan

Secara Ilmu Fiqih, mengadopsi boneka tentu tidak dibenarkan. Karena, boneka merupakan benda mati, apalagi jika mempercayai bahwa di dalam boneka tersebut berisi arwah atau ruh. Dalam sebuah Hadis shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau bersabda kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu’ anhu, yang artinya: 

Janganlah kalian menyimpan patung atau boneka kecuali telah membuatnya menjadi tidak berbentuk, dan jangan pula membuat kuburan yang menjulang tinggi kecuali meratakannya” . (Hadits Riwayat Muslim dalam Al-Jana’iz, 969)

Dari beberapa sumber yang ArahMuslim baca dan rangkum, kita tidak boleh “mengadopsi” dan “mempercayai” bahwa di dalam boneka terdapat ruh dan membawa keberuntungan. Hal tersebut sudah termasuk perbuatan syirik dan termasuk dosa besar. 

Apabila hanya menyukai dan bermain dengan boneka dirasa tidak apa – apa, karena menurut Kyai Miftah (Salah satu Ulama), bermain boneka mengajarkan anak memiliki rasa tanggung jawab. Tapi kalau sudah sampai kepada hal – hal yang menyentuh aqidah, tidak boleh ya Sahabat Muslim. 🙂 

Semoga bermanfaat. 

Referensi: 

https://www.riau24.com/berita/baca/1641174281-heboh-boneka-arwah-jadi-tren-para-artis-begini-penjelasan-hukum-dalam-islam-menurut-buya-yahya

https://www.republika.co.id/berita/r512nq335/adopsi-spirit-doll-atau-boneka-arwah-dari-sisi-hukum-islam

Apa Sajakah yang Didapatkan Apabila Menunaikan Zakat? 

Zakat adalah harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang diatur dalam Islam. Zakat berasal dari bentuk kata “Zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. 

Dalam artian tersebut, bisa dikatakan bahwa zakat yang kita keluarkan tidak akan membuat kita miskin atau kekurangan, melainkan InsyaAllah akan membawa berkah.

Selain membuat harta kita menjadi berkah, adakah alasan lain mengapa kita harus berzakat? Apa keistimewaannya? Tentu ada. Kita bahas yuk tentang keistimewaan berzakat dibawah ini.

Salah Satu Sifat Penghuni Surga

Orang-orang yang berbakti dan termasuk penghuni surga adalah orang yang mengeluarkan zakat. Dalam Surat Adz Dzariyat ayat 15 – 19, di dalam harta kita, ada sebagian harta orang lain yang bisa kita keluarkan dengan zakat. Maka dari itu, orang yang senantiasa mengeluarkan zakatnya InsyaAllah akan menjadi penghuni Surga Allah SWT. 

Menenangkan Hati 

Sahabat Muslim suka merasa hati tenang nggak ketika sudah berzakat? Kalau iya, InsyaAllah berarti Sahabat Muslim sudah mulai belajar ikhlas. Zakat memang bermanfaat melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus. Selain itu, Zakat juga bisa membawa banyak keselamatan  untuk diri kita.

Menghapuskan Dosa

Rasulullah SAW. bersabda, ‘Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api’ (Dalam HR At Tirmidzi dan An Nasaa’i). 

Dengan menunaikan zakat, selain bisa menambah pahala, InsyaAllah juga akan menghapus dan mengurangi dosa.

Mendapatkan Petunjuk

Keistimewaan menunaikan zakat lainnya adalah mendapatkan hidayah serta petunjuk dari Allah SWT. Sebagaimana Al Qur’an Surat At Taubah Ayat 18, orang – orang yang menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah adalah golongan orang yang mendapatkan petunjuk.

Membersihkan Harta 

Zakat akan membersihkan dan menyucikan harta, hal ini sesuai dengan Al Qur’an Surat At Taubah ayat 103. Harus kita ketahui, bahwa harta yang kita miliki, bukanlah sepenuhnya milik kita. Di dalamnya ada hak orang lain yang wajib kita berikan sesuai dengan aturan Islam dan itu merupakan cara kita membersihkan harta. 

Wah MasyaAllah ternyata banyak juga ya keistimewaan atau hal – hal yang kita dapatkan ketika kita menunaikan zakat. Sahabat Muslim sudah mulai berzakat belum nih? 

Kalau sudah memenuhi syarat untuk berzakat, jangan lupa untuk ditunaikan ya! Supaya harta kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT dan melatih hati kita agar ikhlas dan tulus. 

Kalau Sahabat Muslim masih bingung mencari layanan zakat digital yang aman, jawabannya adalah di ArahMuslim dong! Di aplikasi ArahMuslim ada fitur ‘Zakat’ juga lho, dan sudah bekerjasama dengan Baznas. Selain itu, di aplikasi ArahMuslim juga ada kalkulator untuk menghitung berapa zakat yang Sahabat Muslim keluarkan. Gimana? Praktis bangetkan? 

Yuk tunaikan zakat jika hartamu sudah mencapai nisab!

Referensi: 

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwiz.or.id%2Fapa-itu-zakat%2F&psig=AOvVaw0GSHDwKjcmbhD3UENsHD_J&ust=1639724982924000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoTCIj9kPDh5_QCFQAAAAAdAAAAABAD

https://www.republika.co.id/berita/q9vk8b282/13-keutamaan-zakat-hapus-dosa-hingga-sifat-penghuni-surga

https://baznas.go.id/artikel/baca/Ini_5_Keutamaan_Zakat_yang_Wajib_Kamu_Ketahui/9

https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-hikmah-zakat-slm/

https://nurulhayat.org/keistimewaan-hidup-dengan-berzakat/

https://www.merdeka.com/jabar/10-manfaat-zakat-bagi-umat-muslim-bersihkan-hati-hingga-sempurnakan-iman-kln.html

https://www.merdeka.com/jateng/6-keutamaan-zakat-fitrah-bagi-umat-muslim-sebagai-jembatan-menuju-surga-kln.html

https://galamedia.pikiran-rakyat.com/humaniora/pr-351834413/13-manfaat-dan-keutamaan-zakat-fitrah-mulai-dari-membersihkan-harta-hingga-mencegah-bencana

Ternyata Ini Amalan yang Dianjurkan Ketika Gerhana Bulan

Adanya fenomena alam gerhana bulan dan matahari tentunya memunculkan berbagai mitos dan pandangan primitif yang dikaitkan dengan nilai spiritual dan sosial. Hal – hal tersebut tidak hanya berkembang di Indonesia, masyarakat Arab sebelum ada Islam pun seperti itu. Mereka menganggap bahwa gerhana adalah sesuatu yang menakutkan dan merupakan suatu pertanda yang buruk akan terjadi. 

Dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta teknologi, kepercayaan terhadap hal – hal tersebut pun mulai hilang. Ditambah lagi dengan hadirnya Islam, Nabi Muhammad SAW. bersabda: 

“Matahari dan bulan adalah dua tanda kebesaran Allah. Keduanya mengalami gerhana bukan karena atau sebab bagi kematian atau kelahiran seseorang”.

Lantas, harus bagaimana Umat Muslim ketika terjadi gerhana bulan? Adakah kegiatan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.? Yuk mari sama – sama kita pelajari ajaran tersebut yuk.

Melakukan Shalat

Ilustrasi: unsplash.com

Shalat ketika terjadi fenomena alam ini dikenal dengan Shalat Gerhana. Jumlah rakaatnya bermacam – macam pendapat, ada yang menyebutkan satu rakaat, atau empat, enam, delapan, dan sepuluh rakaat. Mengenai bacaannya juga ada pendapat yang menyarankan untuk menyaringkan suaranya, tetapi ada juga yang tidak (Sesuai mazhab).

Bersedekah

Ilustrasi: unsplash.com

Nabi Muhammad SAW. menganjurkan Umat Muslim untuk bersedekah saat terjadi gerhana. Karena saat gerhana bulan terjadi akan meningkatkan kesadaran spiritual dan sosial, religius, serta semangat kemanusiaan yang secara tidak langsung muncul. Tetapi, tidak hanya saat gerhana ya, bersedekah hukumnya sunnah untuk menolong sesama manusia. 

Menghadirkan Rasa Takut

Ilustrasi: unsplash.com

Rasa takut ini bukan kepada manusia ya, melainkan kepada Allah SWT, karena peristiwa ini mengingatkan tanda – tanda kejadian hari kiamat, atau adanya Azab Allah SWT yang diturunkan akibat dosa  – dosa. 

Memperbanyak Dzikir

Ilustrasi: unsplash.com

Gerhana bulan merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT, oleh karena itu, Umat Muslim dianjurkan untuk mengingat kepada Allah SWT dengan memperbanyak berdzikir. Dengan berdzikir, kita akan terus mengingat Allah dan juga kebesaran-Nya, dan bisa menjadi salah satu cara pengampunan dosa. 

Sahabat Muslim, gerhana bulan merupakan salah satu bentuk kebesaran Allah SWT, kita sebagai Umat Muslim tidak perlu takut dan tidak perlu mempercayai hal – hal yang belum tentu terjadi saat gerhana bulan datang, karena apapun yang ada didunia ini, terjadi atas izin dan kehendak Allah SWT. 

Dengan menerapkan ajaran – ajaran Nabi Muhammad SAW. pada saat gerhana bulan, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Wallahu’alam. 

Referensi:

https://www.tribunnews.com/sains/2018/01/31/pandangan-islam-tentang-gerhana-bulan-hingga-turun-anjuran-salat-nabi-muhammad?page=3

https://www.liputan6.com/bola/read/4566902/4-tuntunan-nabi-muhammad-saw-saat-gerhana-bulan-26-mei-2021

https://news.detik.com/berita/d-5581950/7-amalan-saat-gerhana-bulan-total-26-mei

5 Tanda Meninggal Dunia secara Husnul Khatimah

Kondisi yang sering diinginkan di akhir kehidupan setiap Umat Muslim tentunya meninggal secara husnul khatimah. Arti dari husnul khatimah itu sendiri adalah sebuah akhir yang baik, meninggalkan dunia ini dalam keadaan baik. Ucapan ini pun sering digunakan ketika ada seseorang yang meninggal. 

Dengan melakukan penelitian berbagai nash yang ada, para ulama memiliki kesimpulan tentang beberapa tanda husnul khatimah. Diantara tanda – tanda itu, ada yang hanya diketahui oleh orang yang akan meninggal, namun ada pula tanda – tanda yang bisa diketahui oleh semua orang. 

Mengucap Kalimat Syahadat Saat Akan Meninggal

Apabila kalimat terakhir yang terucap adalah kalimat syahadat (sesuai pada hadits berikut), InsyaAllah ini pertanda husnul khatimah. 

“Barang siapa yang akhir perkataannya adalah kalimat “Laa Ilaha Illallah” (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah), maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud) 

Meninggal dengan Keringat di Dahi

“Dari Ibnu Buraidah dari ayahnya bahwa ia berada di Khurasan, ia menjenguk saudaranya yang sakit, ia menemuinya tengah sekarat dan dahinya berkeringat, ia berkata: Allahu Akbar, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Orang mu’min meninggal dunia dengan (mengeluarkan) keringat didahinya.” (HR. Ahmad)

Meninggal Saat sedang Hamil ataupun Nifas bagi Wanita

Seorang wanita muslimah yang meninggal pada saat sedang hamil, melahirkan ataupun nifas (Masa – masa yang dilewati wanita melahirkan sampai enam minggu setelah melahirkan) akan mendapat peluang untuk menggapai husnul khatimah. 

“Dan wanita yang dibunuh anaknya (karena melahirkan) masuk golongan syahid, dan anak itu akan menariknya dengan tali pusarnya ke surga.” (Disebutkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ahkam Al-Janaiz, hlm. 53. Beliau menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Meninggal pada Hari Jum’at

Seorang muslim yang meninggal di hari Jum’at atau malam Jum’at, merupakan sebuah peluang untuk manggapai husnul khatimah. Terlepas dari itu semua, kematian seseorang secara husnul khatimah adalah kehendak Allah SWT. Namun, terdapat beberapa hadits yang menerangkan bahwa meninggal di hari Jum’at sebagai suatu tanda husnul khatimah.

“Tidaklah seorang muslim wafat pada hari atau malam jumat melainkan akan terhindar dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Orang yang Meninggal dengan Penyebab Sakit Perut

Seorang muslim yang meninggal karena sakit perut atau penyakit yang berhubungan dengan perut, seperti: kolera, disentri, maag, kanker, batu ginjal, dan penyakit yang berhubungan dengan perut lainnya. 

“Barangsiapa yang mati karena sakit perut maka dia adalah syahid.” (HR. Muslim)

Sahabat Muslim, itu tadi beberapa tanda husnul khatimah yang ArahMuslim kutip dari berbagai sumber. Tentunya husnul khatimah ini merupakan hal yang didambakan dari seorang muslim. Selalu menjaga Iman dan ketakwaan secara istiqomah kepada Allah SWT bisa menjadi salah satu cara kita untuk mendapatkan akhir yang baik. 

Semoga di akhir kehidupan, kita pun tutup usia dalam keadaan baik. 

Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Wallahu’alam 

Referensi: 

https://www.merdeka.com/jabar/memahami-arti-husnul-khotimah-ketahui-tanda-dan-cara-mendapatkannya-kln.html

https://www.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2016/08/18/99572/99572.html

https://telisik.id/news/benarkah-wafat-di-hari-jumat-tergolong-husnul-khatimah

Simak Yuk! Ilmuwan Muslim yang Memberikan Pengaruh Besar di Dunia

Sahabat Muslim tau nggak sih kalau kejayaan Islam dimulai pada era 780 – 1258 Masehi. Darimana kita lihat kejayaannya? Kejayaan Islam bisa dilihat dari beberapa hal, salah satunya adalah banyaknya ilmuwan muslim yang memberikan kontribusi di berbagai bidang ilmu pengetahuan. 

Tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan pengaruh di dunia lho! Banyak penemuan – penemuan terdahulu yang dijadikan sumber bagi perkembangan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. 

Dan istimewanya, ilmu pengetahuan modern banyak ditemukan oleh tokoh – tokoh Islam. Lantas, siapa saja ilmuwan Islam yang memberikan pengaruh ke dunia? Berikut nama – nama ilmuwan Islam dari berbagai bidang : 

Ibnu Sina 

Merupakan seorang ilmuwan muslim dunia yang berkontribusi besar di bidang kedokteran. Nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hasan Ali bin Sina. Ilmuwan yang diberikan julukan Al-Ra’s ini adalah yang pertama kali menemukan cara pengobatan bagi orang yang sakit dengan cara penyuntikan. Karyanya yang paling berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine

Al-Farabi

Memiliki nama Abu Nashr Muhammad Al-Farabi, lahir pada 870 M di Farab, sebuah kota di Turki Tengah. Al Farabi adalah seseorang yang jenius, menguasai 89 bahasa dan guru besar muslim di bidang fiqih, filsafat, sains, kedokteran, musik dan puisi.  

Selama hidupnya, Al Farabi menulis buku berbahasa Arab dalam bidang musik, filsafat, sains, kedokteran, dan lain – lain. 

Al Khawarizmi

Pelopor konsep bilangan nol, aljabar, algoritma, dan sistem penomoran ini memiliki nama asli Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi. Selain dikenal sebagai ahli matematika Islam, Al Khawarizmi juga dikenal dalam bidang astrologi dan astronomi lho. Karyanya yang berjudul Al-kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa’l-muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing) menjadi dasar dalam pembelajaran aljabar Ilmu Matematika hingga sekarang lho. 

Al – Zahrawi

Siapa di sini yang takut dijahit kalau luka? Nah, bapak ilmu bedah modern inilah yang mengenalkan benang sebagai alat untuk menutup luka. Al – Zahrawi juga menyusun buku At-Tasrif Iiman Ajiza an at-Ta’liif yang menjadi rujukan para dokter hingga sekarang. Di dalamnya terdapat hal – hal yang terkait tentang penyakit, bedah, dan temuan – temuannya berupa alat kedokteran. 

Ibnu Khaldun

Kalau tadi bahas di bidang kesehatan dan matematika, sekarang kita membahas ilmuwan muslim di bidang sejarah nih, yaitu Ibnu Khaldun. Beliau merupakan seorang sejarawan muslim dari Tunisia. Ilmuwan dari Tunisia ini dikenal sebagai Bapak pendiri Ilmu Historiografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah, di mana didalamnya berkaitan dengan gambaran awal dan sejarah universal manusia. 

MasyaAllah, ternyata banyak lho ilmuwan – ilmuwan yang beragama Islam, dan hebatnya memberikan pengaruh yang baik dan besar untuk dunia. Bahkan, ilmu dan prakteknya digunakan sampai sekarang. 

Mudah – mudahan Allah memberikan Ridhonya kepada kita atau keturunan kita untuk menjadi penerus seperti ilmuwan – ilmuwan muslim yang hebat ini ya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Wallahu’alam

Referensi : 

 https://www.merdeka.com/jateng/6-ilmuwan-muslim-yang-paling-berpengaruh-di-dunia-wajib-diketahui-kln.html

https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/27/183600679/10-tokoh-ilmuwan-muslim-dan-keahliannya?page=all

https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/14/090259471/siswa-kenali-tokoh-tokoh-ilmuwan-dalam-peradaban-islam?page=all

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4265173/7-ilmuwan-muslim-paling-berpengaruh-di-dunia