5 Hal Bisa Hindari Ketika Mondok di Pesantren

Sahabat Muslim, pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang sudah ada di Indonesia sejak lama. Pondok Pesantren merupakan sebuah tempat untuk mempelajari agama Islam dan ilmu pengetahuan lainnya. Kemudian akan ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para santri yang belajar di pesantren.

Nyantri merupakan pengalaman yang unik dan tidak bisa didapat di sekolah-sekolah biasa. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu sekaligus amal baik dan disiplin diri. Namun ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika kamu menjadi santri dan mondok di pesantren manapun. Berikut beberapa hal yang harus kamu hindari ketika menjadi santri. 

Menyendiri

Berbaur bersama teman sangat diperlukan kalau mondok di pesantren. Karena di pesantren harus melakukan semuanya bersama dengan teman-teman se-asrama. Jadi jangan pernah meninggalkan waktu makan bersama, karena itu momen yang paling tepat untuk berbaur dengan teman-temanmu supaya makin akrab. 

Pelit

Karena semuanya harus dilakukan bersama – sama, Sahabat Muslim harus siap berbagi dan tidak boleh pelit. Mulai dari berbagi makanan, sampai berbagi tempat tidur. Meskipun ada yang menggunakan tempat tidur tingkat untuk tidur, masih banyak juga yang masih menggunakan alas karpet untuk tidur.

Mengantuk Saat Mengaji

Di setiap mata pelajaran, selalu ada siswa yang mengantuk, namun di pesantren mengantuk bersama-sama adalah kegiatan yang dilakukan saat mengaji bersama. Kita bisa menghindari ini dengan cara cuci muka atau wudhu.

Lupa Saat Hafalan

Kamu pasti diharapkan untuk bisa menghafal surah-surah dari ayat suci, doa-doa, atau hadist, kemudian akan ada tes hafalan dengan ustad dan ustadzah. Kunci agar tidak lupa dengan hafalan, kita bisa mengulanginya beberapa kali dan berusaha tenang saat sedang menghafalkan di depan pengajar.

Tidak Mengatur Waktu

Merupakan kesalahan besar sekali apabila kamu tidak mengatur waktumu dengan baik, karena kegiatan yang sangat padat. Aktivitas santri di pesantren pasti akan lebih sibuk daripada siswa di sekolah umumnya. Di pesantren setiap harinya dimulai dari sholat subuh sampai jam tidur yang sudah diberikan.

Untuk membantu menghindari lupa saat hafalan, kamu bisa menggunakan aplikasi Arah Muslim untuk membaca dan mendengarkan murotal surah dan doa-doa yang dihafalkan. Dan membantu pembelajaran di pesantren, seperti mengatur jadwal dan melihat kelas serta tugas yang diberikan, kamu bisa menggunakan Santrimedia yang sudah terintegrasi dengan Arah Muslim.

Itulah 5 hal yang harus hindari ketika mondok di pesantren yang dapat membuat kehidupan kita di pesantren nyaman dan aman serta membuat kamu mempunyai banyak koneksi dan teman. Dari kelima hal itu, mana yang berhasil Sahabat Muslim hindari?

Baca juga tentang selingkuh dan dosanya

Sumber:

https://www.brilio.net/news/16-hal-ini-hanya-dirasakan-mereka-yang-pernah-jadi-santri-1510223.html

https://id.quora.com/Apa-saja-kegiatan-para-santri-di-pesantren-setiap-harinya

https://al-bayan.ponpes.id/post-6-kegiatan-yang-lekat-dengan-santri.html

https://retizen.republika.co.id/posts/21186/belajar-dari-pondok-pesantren-berkarya-dan-mandiri

https://www.qureta.com/post/mengapa-memilih-pesantren-ini-7-manfaat-belajar-di-pesantren

Amalan Sunnah Rasul Mudah Diamalkan Sehari-hari 

Sahabat Muslim, siapa disini yang sering menjalankan sunnah? Walaupun sunnah merupakan salah satu bentuk ibadah banyak diketahui, tetapi masih banyak orang yang jarang melakukannya. Berbagai alasan kadang dikeluarkan untuk menghindari melakukan sunnah. Padahal sunnah adalah salah satu amalan penambah pahala bagi kita. 

Ketika mendengar kata sunnah, yang terbayang oleh sahabat muslim pasti berbagai macam hal yang rumit dan susah dilakukan. Ternyata banyak sunnah Rasul yang sangat sederhana dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh sahabat muslim. Berikut amalan sunnah Rasul yang mudah untuk diamalkan sehari-hari.

Tersenyum

Salah satu sunnah Rasul yang mudah untuk kamu amalkan sehari-hari adalah tersenyum. Bahkan senyum pun bisa dihitung sebagai sedekah yang kita berikan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Senyummu dihadapan saudaramu sesama muslim adalah bernilai sedekah bagimu”. (HR. Tirmidzi)

Berbicara Baik atau Diam

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu berakhlak mulia. Rasulullah SAW. selalu berkata baik, tentunya sebagai umatnya kita juga harus menjalankan sunnah Rasul dan lebih baik diam apabila mempunyai keinginan untuk berkata buruk.

Bangun Lebih Awal

Pernah dengar mitos “Bangun siang rejeki dipatok ayam” yang biasanya dikatakan untuk memotivasi orang untuk bangun lebih pagi? Ternyata sunnah Rasul juga mengajarkan kalau bangun lebih awal atau sebelum waktu subuh tiba bisa membawa berkah baik lho. Rasul bersabda, “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta”. (HR. Ath Thabrani)

Makan dan Minum Sambil Duduk

Sunnah Rasul yang selanjutnya adalah Makan dan minum sambil duduk. Selain itu, makan dan minum bisa membawa manfaat bagi tubuh kita juga, karena makanan dan minuman jatuh dari kerongkongan ke lambung dengan perlahan dan tidak membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Mengucap Salam

Ketika memasuki sebuah rumah atau ruangan, ada baiknya mengucap salam. Selain merupakan sunnah Rasul, mengucap salam dapat mengusir setan yang menghuni rumah ketika tidak ada yang menghuninya dan membuat suasana rumah tenang tanpa ada gangguan. 

Setiap amalan sunnah Rasul memiliki syafaat dan bisa menjadi sebab dari turunnya rahmat Allah SWT. Amalan sunnah Rasul dapat dilakukan dengan sunnah yang paling ringan dan mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Amalan sunnah ini bahkan sudah menyatu dengan kebiasaan kita.

Nah Sahabat Muslim dari sekian banyak amalan sunnah Rasul, itulah beberapa amalan sunnah Rasul yang dapat diamalkan sehari-hari. Mudah bukan? Yuk kita mulai jalankan. Semoga dengan menjalankan dan mempertahankan  amalan sunnah ini dapat menjadi berkah dan bermanfaat bagi sahabat muslim. 

Baca artikel lainnya

Sumber:

https://www.gorajuara.com/khazanah/pr-1003731384/mudah-dilakukan-yuk-lakukan-11-sunnah-rasulullah-yang-ringan-dilakukan-namun-sering-dilewatkan

https://muslim.okezone.com/read/2021/01/08/330/2341057/8-amalan-sunnah-sehari-hari-yang-mengundang-rahmat?page=2

https://pergiumroh.com/blog/sunnah-ringan-yang-bisa-diamalkan-sehari-hari

https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-233316388/10-sunnah-rasul-yang-ringan-dilakukan-sehari-hari-inilah-kunci-mendapatkan-surga?page=3

3 Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia

Indonesia memang terkenal dengan pariwisatanya yang mempunyai pemandangan alam nan indah. Negara yang mempunyai penduduk muslim paling banyak ini membuat banyaknya destinasi wisata halal tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Berkat prestasi yang diraih, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyusun kebijakan yang menekankan layanan tambahan untuk membuat wisata halal di Indonesia agar lebih maju. Tapi, dimana sajakah destinasi wisata halal di Indonesia? 

Berikut destinasi wisata halal terbaik di Indonesia yang bisa Sahabat Muslim kunjungi. 

Aceh

Daerah Nanggroe Aceh Darussalam yang biasa dikenal dengan ‘Serambi Mekah’ mempunyai suasana yang sangat religius, kuliner yang halal dan beraneka ragam, serta keindahan alam yang luar biasa. Salah satu tempat wisata di Aceh adalah ikon dari daerah ini, yaitu Masjid Baiturrahman, yang menjadi tempat tujuan utama bagi para wisatawan. 

Sumatera Barat

Kuliner yang lezat dan halal sudah menjadi salah satu ciri khas dari daerah Sumatera Barat. Selain itu perbukitan dan keindahan alam menjadi salah satu daya tarik dari Sumatera Barat. Sumatera Barat juga terkenal dengan budaya Islam yang sangat kental dan menjunjung tinggi ajaran islam. Salah satu pepatah minang yang berbunyi ‘Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah’ yang berarti adat berpegang pada peraturan dan peraturan berpegang pada Al-Quran.

Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di pulau Jawa yang dilakukan oleh para Wali Songo. Dan terdapat beberapa makam Sunan yang tersebar di daerah Jawa Timur. Selain itu, terdapat wisata pantai di Banyuwangi yang menjaga nilai-nilai keislaman, salah satunya dengan memisahkan pengunjung pria dan wanita. Daerah Jawa Timur sangat cocok untuk melakukan wisata religi dan bersejarah.

Setiap daerah mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Keindahan alam, keragaman kuliner, nilai moral, dan nilai sejarah dapat diambil ketika melakukan kunjungan ke salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Destinasi-destinasi ini dapat dikunjungi dengan teman-teman dan keluarga di waktu liburan.

Itulah tiga destinasi wisata halal terbaik di Indonesia. Dari tiga destinasi diatas, mana nih yang akan kamu kunjungi? 

 Baca artikel lainnya tentang hidayah

Sumber:

https://id.theasianparent.com/wisata-halal#:~:text=Di%20antaranya%20ada%20Pulau%20Weh,yang%20menerapkan%20hukum%20syariat%20Islam.

https://travel.okezone.com/read/2022/06/24/408/2617375/3-daerah-recommended-untuk-wisata-halal-di-indonesia-jangan-lewatkan-ya-ukhti?page=2

4 Artis yang Menjadi Pendakwah

Seorang artis merupakan role model untuk masyarakat dan terkadang kisah inspiratifnya dicurahkan kepada publik. Banyak artis yang memberikan kisah inspiratifnya ke beberapa media, namun ada juga yang tidak. Banyak artis yang memutuskan untuk menjadi pendakwah.

Kisah inspiratif para artis sangat beragam, mulai dari kehidupan percintaan, kehidupan personal, kehidupan financial, dan sebagainya. ArahMuslim membagikan kisah – kisah para artis yang saat ini memutuskan untuk menjadi pendakwah. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut. 

Peggy Melatisukma 
Sumber Foto: Grid.id

Setelah memutuskan berhijab, Peggy mengganti nama dengan panggilan barunya yaitu ‘Khadijah’. Menurutnya, pelajaran terbesar adalah pondasi iman, komunikasi, dan toleransi dalam sebuah pernikahan pasca sempat kecewa dalam berubah tangga. Saat ini, hanya fokus mendalami agama dan berdakwah. 

Neno Warisman 
Sumber Foto: Tempo 

Penyanyi yang terkenal era di 1980 an ini memutuskan absen dari dunia hiburan dan aktif pada kegiatan sosial kemasyarakatan. Karena gelar yang diembani, yaitu Hajjah, Neno sering mengisi kajian di forum – forum keislaman dan pengasuhan. Selain itu, Neno Warisman juga aktif dalam dunia politik. 

Astri Ivo 
Sumber Foto: Insert Live 

Seorang penyanyi slow rock pada tahun 1980an ini pernah menulis autobiografi pengalaman parentingnya yang berjudul “Sepasang Sayap Menuju Surga”. Di dalamnya, Astri mencurahkan kisahnya dalam membesarkan serta mendidik ketiga putrinya. Pensiun dari penyanyi slow rock, Astri Ivo fokus untuk mendalami agama Islam. 

Itulah artis – artis yang saat ini memutuskan untuk menjadi pendakwah. Apapun yang menjadi pilihan seseorang dalam dunia ini, semoga Allah selalu mencurahkan Rahmat-Nya kepada kita semua ya, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Baca juga artikel lainnya

Referensi: 

https://www.suara.com/entertainment/2021/04/15/121152/profil-irena-handono-mantan-biarawati-yang-kini-jadi-ustazah?page=all

Dahsyatnya Amalan Ini Dapat Membuat Hati Tentram

Setiap orang memiliki caranya masing – masing untuk menenangkan hati dan pikiran, ada yang bercerita kepada sahabat, keluarga, atau hanya dirinya dan Allah SWT yang mengetahui. Terdapat cara lain yang dapat Sahabat Muslim lakukan, yaitu melakukan amalan yang dapat diaplikasikan ketika hati sedang tidak merasa tenang. Beberapa amalan ini dapat membuat hati tentram : 

Salat 
Sumber gambar: unsplash.com

Secara bahasa, arti dari salat adalah doa. Salat juga merupakan ibadah yang berisi dzikir dan doa kepada Allah Swt. Dalam Al Qur’an, dzikir disebutkan dapat membuat hati menjadi tenang: 

“Orang – orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram” (QS Ar-Ra’d:28). 

Puasa 
Sumber gambar: unsplash.com

Dalam berpuasa, kita harus bisa menahan diri dari segala hawa nafsu. Beberapa penelitian menyebutkan puasa juga dianggap mampu menyatukan rasa dan nurani yang sehat untuk menjalani kehidupan di masyarakat, sebagaimana Allah SWT berfirman: 

“Sesungguhnya (agama tauhid) ini adalah agama kalian semua, agama yang satu dan Aku adalah Rabb kalian, maha bertakwalah kepada-Ku” (QS. Al-Mu’minun:52). 

Zakat 
Sumber gambar: pixabay.com

Merupakan sebuah kewajiban bagi Umat Muslim yang hartanya telah mencapai nisab untuk diberikan kepada orang – orang yang berhak menerimanya. Tujuannya adalah untuk membersihkan harta yang kita miliki. Selain itu, zakat juga bisa membuat hati tenang dan mendapat ampunan dari Allah SWT.  Sebagaimana firman-Nya: 

“Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul – rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan  kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa – dosamu.” 

(QS: Al-Maidah:12)

Itu dia amalan dapat membuat hati tentram. Bagaimana? Sudah coba cara – cara ini? Apabila berzakat masih dirasa sulit karena medianya yang masih sedikit, Sahabat Muslim nggak perlu khawatir! Ada ArahMuslim sebagai aplikasi yang menyediakan fitur Zakat serta bekerja sama dengan BAZNAS.

Selain dapat berzakat dengan mudah, ArahMuslim juga menyediakan fitur ‘kalkulator’ untuk menghitung berapa nominal yang harus dikeluarkan ketika ingin berzakat. Download aplikasi ArahMuslim sekarang dan selamat mencoba ya! Semoga amalan – amalan yang kita sudah jalani diterima Allah Swt dan membukakan Ridho-Nya dalam setiap langkah kita, Aamiin

Kamu mau wakaf? yuk baca juga tentang jenis wakaf


Sumber

https://www.republika.co.id/berita/p29wz1396/tenang-dengan-shalat

https://www.republika.co.id/berita/m85wlx/menenangkan-jiwa-dengan-berpuasa

https://www.merdeka.com/sehat/puasa-bikin-tubuh-tenang-lahir-dan-batin-ini-7-buktinya.html

https://www.brilio.net/wow/manfaat-dan-keutamaan-membayar-zakat-200519a.html

https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-hikmah-zakat-slm/

Tradisi Sambut Ramadhan, Ada Daerahmu?

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan idaman yang ditunggu-tunggu para umat Muslim. Di bulan ini, banyak sekali keberkahan serta pahala kebaikan yang akan diraih dan insyaAllah akan dilipatgandakan. Selain berkah, banyak juga tradisi sambut Ramadhan.

Sahabat Muslim, sudah mempersiapkan amalan – amalan menyambut bulan Ramadhan belum? Semoga semua sudah dijalankan dan menjadi ladang pahala ya! Aamiin. Selain mempersiapkan amalan tersebut, Sahabat Muslim juga bisa nih mempererat tali silaturahmi untuk menyambut bulan Ramadhan, seperti makan dan masak bersama, membersihkan diri, membersihkan masjid, berziarah, dan lain sebagainya. 

Lantas, apa saja sih tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan biasanya? Simak selengkapnya di sini.

Munggahan (Jawa Barat) 
Sumber Gambar: Unsplash.com

Dalam bahasa Sunda, Unggah itu artinya beranjak ke tempat yang lebih tinggi, sedangkan dalam artian Islam, Umat Muslim akan berpindah dari Bulan Sya’ban ke bulan agung penuh berkah. Biasanya, masyarakat Jawa Barat akan mengisi kegiatan munggahan ini dengan makan – makan bersama keluarga/kerabat/tetangga sekitar. 

Padusan (Jawa Tengah dan Yogyakarta) 
Sumber Gambar: Unsplash.com

Padusan berasal dari kata ‘Adus’ yang berarti mandi. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan membersihkan jiwa dan raga untuk menyucikan diri. Jadi, saat Bulan Ramadhan datang, Umat Muslim dapat menjalani ibadah dalam keadaan suci lahir maupun batin. 

Membakar Batu dan Meletakkan Makanan (Papua)
Sumber Gambar: Papuainside.com

Tradisi selanjutnya datang dari Masyarakat Papua yang penduduknya menganut Agama Islam. Tradisi mereka adalah membakar batu dan meletakkan bahan makanan di atasnya untuk disantap bersama – sama. Tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi sekaligus menjadi ajang bermaaf – maafan dengan seluruh kerabat.

Punggahan (Sumatera Utara) 
Sumber Gambar: Unsplash.com

Tradisi ini memiliki arti “Naik” yang diharapkan mampu menaikkan derajat manusia ketika menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Tradisi punggahan dilakukan secara berbeda di setiap daerah di Sumatera Utara. Masyarakat biasanya akan membawa makanan untuk berkumpul bersama dan menyantap di masjid. Hingga kini, tradisi ini masih dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat Sumatera Utara.

Mohibadaa (Gorontalo)
Sumber Gambar: Unsplash.com

Masyarakat Gorontalo juga memiliki tradisi unik dalam menyambut Bulan Ramadhan, yaitu membalurkan ramuan rempah – rempah tradisional sebagai masker wajah. Mohibadaa dilakukan untuk menjaga kondisi kulit, karena biasanya saat puasa kulit terasa kering ditambah lagi dengan cuaca yang panas. 

Jadi gimana? Udah ada yang jalanin tradisi ini bareng keluarga/kerabat ataupun tetangga? Selain meningkatkan rasa semangat dan antusias menyambut Bulan Ramadhan, tradisi tersebut juga dapat mempererat tali silaturahmi bersama keluarga/kerabat dan juga tetangga. 

Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya Sahabat Muslim. Semoga segala dosa kita diampunkan oleh Allah SWT, puasa kita diterima, serta bertemu di bulan Ramadhan tahun berikutnya. 

Nggak perlu khawatir liburan ke negara lain, baca artikelnya : Negara tanpa PCR

Referensi: 

https://inisumedang.com/puasa-tinggal-3-hari-lagi-ini-tradisi-sambut-ramadhan-di-berbagai-daerah/

https://hype.grid.id/read/433212273/tradisi-puasa-dan-lebaran-beragam-tradisi-unik-masyarakat-indonesia-untuk-menyambut-ramadan-di-berbagai-daerah?page=3

https://lampungtengah.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-2204096972/tradisi-unik-menyambut-bulan-suci-ramadhan-di-berbagai-daerah-di-indonesia-apakah-didaerahmu-masih-melakukan

Fakta Menarik Masjid Istiqlal, Jarang Diketahui 

Siapa yang nggak tau Masjid Istiqlal? Salah satu masjid terbesar dan terkenal se-Asia Tenggara ini menjadi spot tempat ibadah favorit banyak orang. Bukan hanya megah, tetapi juga memiliki sejarah yang banyak dan sangat menarik. Sahabat Muslim sudah pernah mengunjungi masjid ini belum? 

Pada saat bulan Ramadhan, sebelum pandemi, sangat ramai dan banyak orang yang berkunjung ke sana. Selain menjadi masjid yang memiliki bedug raksasa, ada fakta – fakta lainnya yang jarang diketahui banyak orang lho! Seperti apa fakta – fakta tersebut? Berikut fakta menarik tentang Masjid Istiqlal. 

Lokasi Awal Pembangunan

Awalnya, masjid ini didirikan di daerah Thamrin, Jakarta Pusat. Pemilihan lokasi ini dikarenakan Thamrin merupakan daerah yang memiliki banyak masyarakat Muslim dan belum ada bangunan lain di sampingnya. Namun, Bung Karno lebih memilih dibangun berdampingan dengan Gereja Katedral sebagai salah satu simbol toleransi dan semangat persaudaraan. 

Arsitek Masjid Istiqlal

Arsitek yang mendesain adalah seorang non muslim bernama Frederich Silaban kelahiran Bonan Dolok, Sumatera Utara dan merupakan seorang anak pendeta. Frederich yang memberikan desain berjudul Ketuhanan ini berhasil memenangkan sayembara desain pada tahun 1955. 

Arti Istiqlal 

Nama ‘Istiqlal’ disepakati karena memiliki arti kemerdekaan dalam bahasa Arab. Salah satu tujuan diberikan nama dan dibangun Masjid Istiqlal adalah untuk menghormati para pejuang Muslim yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Waktu Pembangunan 

Dibangun tepat pada hari peringatan kelahiran Rasulullah SAW. Hal ini terbukti pada saat pemancangan tiang pertama yang dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan kelahiran Rasulullah SAW. Sayangnya, pada waktu itu terdapat hambatan yaitu adanya kepentingan politik, sehingga akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.

Memiliki Terowongan yang Tersambung dengan Gereja 

Renovasi yang dibangun belum lama ini mendirikan terowongan yang tersambung dengan Gereja Katedral. Presiden Jokowi menginginkan simbol silaturahmi antar kedua umat beragama meski pembangunan ini sempat dikritik beberapa kalangan. 

Selain menjadi masjid terbesar yang bernuansa modern, ternyata banyak banget ya fakta-fakta yang jarang kita ketahui sebelumnya! Terutama, fakta bahwa salah satu arsitekturnya seorang non-muslim. Kedepannya, semoga masjid ini akan selalu menjadi salah satu spot sekaligus tempat ibadah favorit bagi semua orang, bahkan di luar Indonesia. 

Baca juga artikel ini

Referensi

https://travel.okezone.com/read/2021/04/13/408/2393803/9-fakta-menarik-masjid-istiqlal-awal-dibangun-hingga-pasca-renovasi

https://www.idntimes.com/news/indonesia/aldzah-fatimah-aditya/5-fakta-unik-masjid-istiqlal-dibangun-nonmuslim-dan-beduk-raksasa/3

https://www.popbela.com/lifestyle/travel/reza-iqbal/7-fakta-unik-41-tahun-masjid-istiqlal-karya-terbaik-anak-pendeta/5

Pentingkah Self Love dalam Islam?

Sahabat Muslim, pasti sering denger dong tentang Self Love dalam kehidupan sehari – hari dan ilmu psikologi? Sebetulnya dalam Islam pun memiliki pemaparannya sendiri lho dan termasuk hal yang penting juga. Sebelum mengenal lebih jauh dari sisi Islam, terlebih dahulu kita pahami apa sih Self Love itu secara umumnya? Self love itu sendiri memiliki arti mengenali dan mencintai diri sendiri. Jadi, Self Love ini betul – betul dilakukan hanya untuk diri sendiri pada setiap manusia. Bagaimana dengan Islam ya? Apakah Self Love dalam islam juga dianggap penting?

Amanat dari Allah SWT 

Menyayangi dan mencintai diri sendiri merupakan salah satu sebuah amanat dari Allah SWT. Mencintai diri dengan menerima segala kekurangan yang ada pada diri dan mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Bentuk Cinta kepada Allah SWT 

Menyayangi diri sendiri merupakan bentuk cinta dan kasih sayang kita kepada Allah SWT. Asumsinya, ketika kita tidak mencintai diri sendiri, kita juga tidak mencintai Allah SWT yang telah menciptakan kita.

Bentuk Taat kepada Allah SWT

Menurut pandangan Islam, konsep Self Love merupakan salah satu perintah Allah SWT yang harus kita taati. Karena dengan menyayangi diri sendiri, seseorang dapat lebih mensyukuri, menghargai kelebihan dan kekurangan yang telah dititipkan Allah dalam dirinya. 

Mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Namun, pada kenyataannya masih banyak yang belum memahami konsep Self Love ini. Masih banyak juga yang kurang peduli dengan menyayangi diri sendiri, padahal sangat penting lho. 

Jadi, buat Sahabat Muslim yang merasa masih kurang dalam menyayangi diri sendiri, harus lebih diperhatikan lagi ya. Karena dengan menyayangi diri sendiri, insyaAllah hati akan tenang, karena menerima apa pun yang ada dalam diri.

Baca juga tentang tradisi Ramadhan

Referensi: 

https://www.google.com/amp/s/rahma.id/self-love-dalam-islam-1-mengenal-diri-sendiri/%3famp=1

https://jurnalpost.com/self-love-dalam-pandangan-agama-dan-psikologi/19795/

https://www.uii.ac.id/mencintai-diri-sendiri-sebagai-bentuk-cinta-kepada-allah/

Hati – hati! Ini 5 Penyebab Terhalangnya Hidayah

Berbicara mengenai hidayah, pastinya seluruh Umat Muslim akan memohon serta menunggu hidayah datang. Lalu apa itu hidayah? Hidayah adalah petunjuk atau bimbingan yang diberikan Allah SWT untuk seseorang. 

Pertanyaannya, apakah semua orang akan mendapatkan hidayah? Hidayah itu hakikatnya dijemput bukan ditunggu, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Al Qur’an Surat Al Ankabut:69 menjelaskan bahwa orang – orang yang berjihad untuk (mencari Keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan jalan – jalan Kami. 

Namun, meski hidayah itu dijemput, tetapi ada beberapa hal yang menjadi penyebab sebuah hidayah akan terhalang lho. Berikut beberapa halnya : 

Zalim

Zalim adalah kegelapan diakhirat dan didunia, seseorang akan terhalang dari hidayah karena zalim terhadap orang lain ataupun dirinya sendiri. Salah satu zalim yang paling buruk adalah syirik. Seperti apa sikap syirik itu? Mengagung – agungkan atau menyembah selain Allah SWT. sudah termasuk syirik. 

Berbuat Kemaksiatan 

Maksiat merupakan bentuk penyimpangan dari ketaatan kepada Allah SWT dan perbuatan ini menjadi salah satu penghalang seseorang untuk mendapatkan hidayah. Selain menjadi penyebab terhalangnya hidayah, ada pula dosa yang diterima apabila kita berbuat kemaksiatan. 

Bergaul dengan Orang yang Buruk

Berteman atau bergaul dengan orang – orang yang buruk dapat menjadi hal terhalangnya hidayah. Rasulullah SAW. bersabda: Seseorang itu tergantung agama teman dekatnya. Oleh karena itu, salah satu diantara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman dekatnya. (HR Abu Dawud No. 4833 dan At Tirmidzi No. 2378. Ash Shahihah No. 927. 

Takut akan Celaan Manusia

Sulit mendapat hidayah bisa jadi karena adanya rasa kekhawatiran serta ketakutan seperti takut dikucilkan oleh keluarga, masyarakat, dan teman. Ketakutan seperti ini yang membuat seseorang tidak ingin kehilangan harga diri sehingga tidak ingin mengakui kebenaran. 

Takabur

Takabur atau sombong atau tinggi hati juga menjadi penyebab terhalangnya hidayah. Karena sifat sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. Kesombongan bisa membuat hati seseorang mengeras hingga Allah SWT tidak berkenan menurunkan hidayah.

Itu tadi lima hal yang menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah terhadap semua manusia dimuka bumi ini. Bagaimana Sahabat Muslim? Adakah yang mengalami hal – hal diatas? Segera dihindari ya! 

Karena lima hal diatas bisa menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah. Bisa saja orang sedang menunggu atau mencari hidayah, namun tidak terpikirkan akan hal – hal diatas. 

Semoga kita semua terhindar dari hal – hal diatas dan perbuatan tercela lainnya ya Sahabat Muslim.

Wallahu’alam

Baca juga artikel tentang pentingnya self-love

Referensi: 

https://www.republika.co.id/berita/quov3x320/3-penghalang-hidayah-allah-swt-untuk-seorang-hamba#:~:text=Seperti%20dikutip%20dari%20laman%20alukah,berbuat%20maksiat%2C%20dan%20melakukan%20pengkhianatan.

https://telisik.id/news/3-penyebab-kita-terhalang-dari-hidayah-allah-swt

https://penanews.net/tiga-penghalang-hidayah/

https://www.koranmemo.com/wisata-travelling/pr-1922074800/tiga-sebab-seseorang-terhalang-mendapat-hidayah-allah-swt?page=all

Berniat untuk Wakaf? Wajib ketahui jenis wakaf!

Berbicara tentang wakaf, pasti identik dengan masjid atau pemakaman. Padahal sebetulnya, tidak hanya keduanya lho! Seperti yang kita ketahui, Wakaf adalah sebagian harta yang diberikan untuk tujuan kebaikan dan dimanfaatkan oleh orang banyak. Kamu berniat untuk wakaf?

Pemakaman dan masjid menjadi bentuk yang paling umum sebagai harta yang bisa diwakafkan. Tetapi, sebetulnya terdapat beberapa jenis wakaf yang harus kita pahami ketika kita ingin berwakaf. Mulai dari jenis hartanya hingga peruntukkan wakaf itu sendiri. 

Biar makin paham, ArahMuslim bakal jelasin secara detailnya di bawah ini : 

Wakaf Berdasarkan Peruntukannya 

Terdiri dari Wakaf Ahli dan Wakaf Khairi (Kebaikan). Wakaf Ahli bertujuan untuk jaminan sosial dan kepentingan dalam lingkungan keluarga dan kerabat sendiri. Misalnya, harta yang diberikan hanya dapat dimanfaatkan oleh keluarga besar demi kebaikan. Sedangkan Wakaf Khairi, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan agama atau masyarakat umum. Bentuk dari wakaf ini misalnya lahan sawah atau rumah

Wakaf Berdasarkan Jenis Harta 

Jenis wakaf ini tergantung pada jenis harta yang diberikan, misalnya benda tidak bergerak (Tanah, rumah, tanaman), benda bergerak berupa uang (Wakaf tunai), dan benda bergerak selain uang (Surat berharga, bahan bakar minyak, dan benda yang dapat berpindah) 

Wakaf Berdasarkan Waktunya

Jenis wakaf ini terdiri dari dua jenis, yakni Muabbad dan Mu’aqqot. Muabbad diberikan untuk selamanya dan hak kepemilikan sepenuhnya diserahkan demi kebaikan umat tanpa batas waktu. Sedangkan, Mu’aqqot diberikan dalam jangka waktu tertentu.

Wakaf Berdasarkan Penggunaan Harta yang Diwakafkan

Pada jenis ini, wakaf dikelompokkan menjadi dua macam, yakni Ubasyir/dzati dan Mistitsmary. Ubasyir sendiri adalah harta wakaf yang bermanfaat bagi pelayanan masyarakat umum seperti Rumah sakit dan Madrasah. Sedangkan Mistitsmary adalah wakaf yang ditujukan untuk penanaman modal dalam produksi barang dan hasilnya diwakafkan sesuai keinginan orang yang berwakaf. 

Setelah tahu jenis – jenis wakaf secara umum, kita semakin tahu dan menambah wawasan ya, bahwa ternyata wakaf tidak hanya berbentuk rumah, masjid, dan pemakaman. 

Gimana Sahabat Muslim? Kamu sudah berniat untuk wakaf? Nah nggak perlu repot – repot lagi, karena di aplikasi ArahMuslim telah hadir fitur Wakaf yang bekerjasama dengan Badan Wakaf indonesia untuk memudahkan Sahabat Muslim dalam meraih kebaikan dunia akhirat.

Yuk Berwakaf di ArahMuslim! 😀 

Wallahu’alam

Baca juga artikel ini

Sumber: 

https://www.wujudaksinyata.org/news/jenis-jenis-syarat-dan-ketentuan-wakaf-sebelum-melakukannya

https://benefits.bankmandiri.co.id/article/jenis-dan-syarat-wakaf-yang-wajib-kamu-ketahui

https://www.rumah.com/panduan-properti/tentang-wakaf-hukum-wakaf-jenis-jenis-syarat-dan-aturan-hukum-23414

https://www.99.co/blog/indonesia/syarat-dan-jenis-wakaf/