Ini Amalan yang Dianjurkan Ketika Gerhana Bulan

Bentuk syafaat Al-Qur'an

Adanya fenomena alam gerhana bulan dan matahari tentunya memunculkan berbagai mitos dan pandangan primitif yang dikaitkan dengan nilai spiritual dan sosial. Hal – hal tersebut tidak hanya berkembang di Indonesia, masyarakat Arab sebelum ada Islam pun seperti itu. Mereka menganggap bahwa gerhana adalah sesuatu yang menakutkan dan merupakan suatu pertanda yang buruk akan terjadi. 

Dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta teknologi, kepercayaan terhadap hal – hal tersebut pun mulai hilang. Ditambah lagi dengan hadirnya Islam, Nabi Muhammad SAW. bersabda: 

“Matahari dan bulan adalah dua tanda kebesaran Allah. Keduanya mengalami gerhana bukan karena atau sebab bagi kematian atau kelahiran seseorang”.

Lantas, harus bagaimana Umat Muslim ketika terjadi gerhana bulan? Adakah kegiatan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.? Yuk mari sama – sama kita pelajari ajaran tersebut yuk.

Melakukan Shalat

Ilustrasi: unsplash.com

Shalat ketika terjadi fenomena alam ini dikenal dengan Shalat Gerhana. Jumlah rakaatnya bermacam – macam pendapat, ada yang menyebutkan satu rakaat, atau empat, enam, delapan, dan sepuluh rakaat. Mengenai bacaannya juga ada pendapat yang menyarankan untuk menyaringkan suaranya, tetapi ada juga yang tidak (Sesuai mazhab).

Bersedekah

Ilustrasi: unsplash.com

Nabi Muhammad SAW. menganjurkan Umat Muslim untuk bersedekah saat terjadi gerhana. Karena saat terjadi akan meningkatkan kesadaran spiritual dan sosial, religius, serta semangat kemanusiaan yang secara tidak langsung muncul. Tetapi, tidak hanya saat gerhana ya, bersedekah hukumnya sunnah untuk menolong sesama manusia. 

Menghadirkan Rasa Takut
Ilustrasi: unsplash.com

Rasa takut ini bukan kepada manusia ya, melainkan kepada Allah SWT, karena peristiwa ini mengingatkan tanda – tanda kejadian hari kiamat, atau adanya Azab Allah SWT yang diturunkan akibat dosa  – dosa. 

Memperbanyak Dzikir
Ilustrasi: unsplash.com

Merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT, oleh karena itu, Umat Muslim dianjurkan untuk mengingat kepada Allah SWT dengan memperbanyak berdzikir. Dengan berdzikir, kita akan terus mengingat Allah dan juga kebesaran-Nya, dan bisa menjadi salah satu cara pengampunan dosa. 

Sahabat Muslim, gerhana bulan merupakan salah satu bentuk kebesaran Allah SWT, kita sebagai Umat Muslim tidak perlu takut dan tidak perlu mempercayai hal – hal yang belum tentu terjadi, karena apapun yang ada didunia ini, terjadi atas izin dan kehendak Allah SWT. 

Dengan menerapkan ajaran – ajaran Nabi Muhammad SAW. pada saat gerhana bulan, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Wallahu’alam. 

Hati tentram jika mengamalkan amalan ini

Referensi:

https://www.tribunnews.com/sains/2018/01/31/pandangan-islam-tentang-gerhana-bulan-hingga-turun-anjuran-salat-nabi-muhammad?page=3

https://www.liputan6.com/bola/read/4566902/4-tuntunan-nabi-muhammad-saw-saat-gerhana-bulan-26-mei-2021

https://news.detik.com/berita/d-5581950/7-amalan-saat-gerhana-bulan-total-26-mei

5 Tanda Meninggal Dunia secara Husnul Khatimah

Kondisi yang sering diinginkan di akhir kehidupan setiap Umat Muslim tentunya meninggal secara husnul khatimah. Arti dari husnul khatimah itu sendiri adalah sebuah akhir yang baik, meninggalkan dunia ini dalam keadaan baik. Ucapan ini pun sering digunakan ketika ada seseorang yang meninggal. 

Dengan melakukan penelitian berbagai nash yang ada, para ulama memiliki kesimpulan tentang beberapa tanda husnul khatimah. Diantara tanda – tanda itu, ada yang hanya diketahui oleh orang yang akan meninggal, namun ada pula tanda – tanda yang bisa diketahui oleh semua orang. 

Mengucap Kalimat Syahadat Saat Akan Meninggal

Apabila kalimat terakhir yang terucap adalah kalimat syahadat (sesuai pada hadits berikut), InsyaAllah ini pertanda husnul khatimah. 

“Barang siapa yang akhir perkataannya adalah kalimat “Laa Ilaha Illallah” (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah), maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud) 

Meninggal dengan Keringat di Dahi

“Dari Ibnu Buraidah dari ayahnya bahwa ia berada di Khurasan, ia menjenguk saudaranya yang sakit, ia menemuinya tengah sekarat dan dahinya berkeringat, ia berkata: Allahu Akbar, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Orang mu’min meninggal dunia dengan (mengeluarkan) keringat didahinya.” (HR. Ahmad)

Meninggal Saat sedang Hamil ataupun Nifas bagi Wanita

Seorang wanita muslimah yang meninggal pada saat sedang hamil, melahirkan ataupun nifas (Masa – masa yang dilewati wanita melahirkan sampai enam minggu setelah melahirkan) akan mendapat peluang untuk menggapai husnul khatimah. 

“Dan wanita yang dibunuh anaknya (karena melahirkan) masuk golongan syahid, dan anak itu akan menariknya dengan tali pusarnya ke surga.” (Disebutkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ahkam Al-Janaiz, hlm. 53. Beliau menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Meninggal pada Hari Jum’at

Seorang muslim yang meninggal di hari Jum’at atau malam Jum’at, merupakan sebuah peluang untuk manggapai kematian dengan keadaan baik. Terlepas dari itu semua, kematian seseorang dengan keadaan baik adalah kehendak Allah SWT. Namun, terdapat beberapa hadits yang menerangkan bahwa meninggal di hari Jum’at sebagai suatu tanda husnul khatimah.

“Tidaklah seorang muslim wafat pada hari atau malam jumat melainkan akan terhindar dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Orang yang Meninggal dengan Penyebab Sakit Perut

Seorang muslim yang meninggal karena sakit perut atau penyakit yang berhubungan dengan perut, seperti: kolera, disentri, maag, kanker, batu ginjal, dan penyakit yang berhubungan dengan perut lainnya. 

“Barangsiapa yang mati karena sakit perut maka dia adalah syahid.” (HR. Muslim)

Sahabat Muslim, itu tadi beberapa tanda husnul khatimah yang ArahMuslim kutip dari berbagai sumber. Tentunya ini merupakan hal yang didambakan dari seorang muslim. Selalu menjaga Iman dan ketakwaan secara istiqomah kepada Allah SWT bisa menjadi salah satu cara kita untuk mendapatkan akhir yang baik. 

Semoga di akhir kehidupan, kita pun tutup usia dalam keadaan baik. 

Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Wallahu’alam 

Pernah dengar tentang spirit doll? kalau belum yuk baca pandangan islam tentang spirit doll

Referensi: 

https://www.merdeka.com/jabar/memahami-arti-husnul-khotimah-ketahui-tanda-dan-cara-mendapatkannya-kln.html

https://stisalmanar.ac.id/2017/03/22/tanda-tanda-husnul-khatimah/

https://www.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2016/08/18/99572/99572.html

https://telisik.id/news/benarkah-wafat-di-hari-jumat-tergolong-husnul-khatimah

Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia

Sahabat Muslim tau nggak sih kalau kejayaan Islam dimulai pada era 780 – 1258 Masehi. Darimana kita lihat kejayaannya? Kejayaan Islam bisa dilihat dari beberapa hal, salah satunya adalah banyaknya ilmuwan muslim yang memberikan kontribusi di berbagai bidang ilmu pengetahuan. 

Tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan pengaruh di dunia lho! Banyak penemuan – penemuan terdahulu yang dijadikan sumber bagi perkembangan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. 

Dan istimewanya, ilmu pengetahuan modern banyak ditemukan oleh tokoh – tokoh Islam. Lantas, siapa saja ilmuwan Islam yang memberikan pengaruh ke dunia? Berikut nama – nama ilmuwan Islam dari berbagai bidang : 

Ibnu Sina 

Merupakan seorang ilmuwan muslim dunia yang berkontribusi besar di bidang kedokteran. Nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hasan Ali bin Sina. Ilmuwan yang diberikan julukan Al-Ra’s ini adalah yang pertama kali menemukan cara pengobatan bagi orang yang sakit dengan cara penyuntikan. Karyanya yang paling berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine

Al-Farabi

Memiliki nama Abu Nashr Muhammad Al-Farabi, lahir pada 870 M di Farab, sebuah kota di Turki Tengah. Al Farabi adalah seseorang yang jenius, menguasai 89 bahasa dan guru besar muslim di bidang fiqih, filsafat, sains, kedokteran, musik dan puisi.  

Selama hidupnya, Al Farabi menulis buku berbahasa Arab dalam bidang musik, filsafat, sains, kedokteran, dan lain – lain. 

Al Khawarizmi

Pelopor konsep bilangan nol, aljabar, algoritma, dan sistem penomoran ini memiliki nama asli Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi. Selain dikenal sebagai ahli matematika Islam, Al Khawarizmi juga dikenal dalam bidang astrologi dan astronomi lho. Karyanya yang berjudul Al-kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa’l-muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing) menjadi dasar dalam pembelajaran aljabar Ilmu Matematika hingga sekarang lho. 

Al – Zahrawi

Siapa di sini yang takut dijahit kalau luka? Nah, bapak ilmu bedah modern inilah yang mengenalkan benang sebagai alat untuk menutup luka. Al – Zahrawi juga menyusun buku At-Tasrif Iiman Ajiza an at-Ta’liif yang menjadi rujukan para dokter hingga sekarang. Di dalamnya terdapat hal – hal yang terkait tentang penyakit, bedah, dan temuan – temuannya berupa alat kedokteran. 

Ibnu Khaldun

Kalau tadi bahas di bidang kesehatan dan matematika, sekarang kita membahas ilmuwan muslim di bidang sejarah nih, yaitu Ibnu Khaldun. Beliau merupakan seorang sejarawan muslim dari Tunisia. Ilmuwan dari Tunisia ini dikenal sebagai Bapak pendiri Ilmu Historiografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah, di mana didalamnya berkaitan dengan gambaran awal dan sejarah universal manusia. 

MasyaAllah, ternyata banyak lho ilmuwan – ilmuwan yang beragama Islam, dan hebatnya memberikan pengaruh yang baik dan besar untuk dunia. Bahkan, ilmu dan prakteknya digunakan sampai sekarang. 

Mudah – mudahan Allah memberikan Ridhonya kepada kita atau keturunan kita untuk menjadi penerus seperti ilmuwan – ilmuwan muslim yang hebat ini ya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Wallahu’alam

Baca juga: Masjid Termegah

Referensi : 

 https://www.merdeka.com/jateng/6-ilmuwan-muslim-yang-paling-berpengaruh-di-dunia-wajib-diketahui-kln.html

https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/27/183600679/10-tokoh-ilmuwan-muslim-dan-keahliannya?page=all

https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/14/090259471/siswa-kenali-tokoh-tokoh-ilmuwan-dalam-peradaban-islam?page=all

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4265173/7-ilmuwan-muslim-paling-berpengaruh-di-dunia

Ini dia Tempat Bersejarah Islam, Wajib Dikunjungi!

Sahabat Muslim, melihat tempat bersejarah muslim di dunia membuat kita mengucap syukur dan kagum ya! Rasanya ingin mengunjungi semua tempat! Selain karena kemegahannya, tempat – tempat tersebut pastinya menyimpan sejarah Islam yang membuat orang takjub. Tidak hanya Masjid, ada juga museum, benteng, ataupun jembatan yang dikategorikan sebagai tempat bersejarah Islam di dunia ini. 

Berikut rekomendasi tempat bersejarah Islam yang wajib Sahabat Muslim kunjungi. 

Masjidil Haram 
Sumber foto: instagram.com/masjidilharam

Masjid yang terletak di tengah Kota Mekkah ini merupakan masjid tertua di dunia. Masjidil Haram memiliki 7 menara dan 19 pintu gerbang yang masing – masing ada namanya sendiri. Di dalamnya terdapat Ka’bah, Makam Nabi Ibrahim AS, Hajar Aswad (batu hitam), dan Sumur Zamzam. 

Prophet Mohammad Museum 
Sumber foto: phinemo.com

Terletak di Yordania dan bertempat di Komplek Masjid Raja Hussein, Taman Umum Al Hussein, Amman. Di museum ini terdapat beberapa barang milik Nabi Muhammad (sehelai rambut dari janggut dan surat kepada Kaisar Byzantium). Di Prophet Mohammad Museum juga terdapat anakan pohon pada saat Nabi Muhammad SAW. beristirahat dalam perjalanan ke Levant. Padahal sebetulnya, pohon itu terletak di Kawasan Gurun Pasir Badia.

Masjid Raya Sulaimaniah
Sumber foto: cdn-2.tstatic.net

Merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Kota Istanbul, Turki. Masjid peninggalan bersejarah Dinasti Turki Ottoman ini merupakan salah satu landmark dari The Old City Istanbul yang terkenal di seluruh penjuru dunia (selain Istana Topkapi, Hagia Sophia, dan Blue Mosque). Masjid Raya Sulaimaniah terletak di atas bukit di belakang Universitas Istanbul. 

Benteng Agra
Sumber foto: pixabay.com 

Benteng yang menyimpan berbagai kekayaan negara ini terletak di Agra, India, sekitar 2,5 kilometer dari Taj Mahal dan didirikan oleh Kaisar Akbar dari Kerajaan Mugha. Benteng Agra juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Di dalamnya, terdapat beberapa masjid yaitu Moti Masjid, Mina Masjid, dan Nagina Masjid yang merupakan masjid khusus wanita.

Gua Hira
Sumber foto: awsimages.detik.net.id

Gua Hira yang terletak di Gunung Jabal Nur merupakan tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yaitu Surat Al Alaq ayat 1 – 5 dan menjadi salah satu tujuan ziarah umat islam ketika sedang pergi umrah ataupun haji. 

Museum of Islamic Art Cairo
Sumber foto: 3.bp.blogspot.com

Museum yang menyimpan koleksi sejarah peradaban islam terlengkap di dunia ini terletak di Kairo, Mesir. Ada lebih dari 100 ribu artefak mengenai sejarah muslim, meliputi manuskrip langka Al Qur’an, pajangan tekstil, keramik hingga logam. 

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi beberapa atau bahkan semua tempat yang direkomendasikan? Keren banget ya jalan – jalan sambil belajar sejarah peradaban islam. Selain mendapatkan ilmu baru, kita juga akan semakin dekat dengan Islam. 

Kalau jalan – jalan jauh ke tempat – tempat tadi, jangan khawatir untuk soal ibadah ya! Download aja ArahMuslim, ada fitur Masjid yang bisa kasih tahu Sahabat Muslim di mana Masjid terdekat atau kalau bingung arah kiblat, ada fitur Qibla juga. Tunggu apalagi? Yuk download Aplikasi ArahMuslim di Google Play store atau AppStore Sahabat Muslim! 

Musim gugur menjadi musim favorit para traveller?

Referensi:

https://travel.kompas.com/read/2020/07/14/113309227/sejarah-masjid-biru-turki-sudah-ada-sejak-tahun-1600-an?page=all

https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/syiar/pr-591832138/mengenal-gua-hira-tempat-nabi-muhammad-saw-menerima-wahyu-pertama-alquran-di-bulan-ramadan#:~:text=KABAR%20BANTEN%20%E2%80%93%20Gua%20Hira%20merupakan,terletak%20di%20Gunung%20Jabal%20Nur.

https://wisatalova.com/masjid-raya-sulaimaniah-di-istanbul-turki/

Ini Alasan Pentingnya Berdzikir Pagi dan Petang

Sahabat Muslim, seperti yang kita ketahui, bahwa berdzikir merupakan salah satu ibadah yang hamba-Nya lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pernah denger nggak sih tentang pentingnya berdzikir pagi dan petang? 

Sebetulnya. dzikir bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Tapi ada beberapa waktu yang sangat berharga apabila kita berdzikir, salah satunya adalah pagi dan petang. Mengapa pagi dan petang? Karena waktu pagi adalah saat manusia memulai semua aktivitasnya, sedangkan petang menjelang waktu malam dan pergantian dari pagi ke siang. 

Selain dari waktunya, ada juga alasan pentingnya berdzikir saat pagi dan petang itu bagus dan penting, berikut alasannya. 

Sebagai Perlindungan kepada Allah SWT 

Untuk dapat menjalankan semua aktivitas di muka bumi ini dan mencari ridho serta beribadah kepada Allah SWT, hamba-Nya dianjurkan untuk senantiasa berdzikir agar mendapat perlindungan dalam menjalankan semua aktivitasnya. Sebagai perlindungan juga terhadap gangguan Jin dan setan. 

Mendapat kasih sayang Allah SWT

Orang yang berdzikir seperti orang yang mencintai Allah SWT, karena selalu mengingatNya dalam keadaan dan aktivitas apapun. Setiap kebaikan yang dilakukan seorang hamba akan mendapat kebaikan berlipat dan Allah SWT akan mengingat kepada hamba-Nya yang senantiasa menyebut nama dan memuji-Nya. 

Mendekatkan diri pada Allah SWT

Berdzikir bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian dan akan selalu ingat akan kebesaran-Nya. Dengan memiliki rasa tersebut, secara tidak langsung berdzikir bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan bertujuan agar mendapat Ridho dan Rahmat dari Allah SWT. 

Diampuni Dosanya 

Dzikir pagi dan petang yang selalu dikerjakan Nabi Muhammad SAW dan diperintahkan kepada hambanya memiliki tujuan agar selalu diampuni segala dosa – dosanya. Sebab, manusia setiap harinya tidak luput dari dosa, salah satunya dengan beristighfarlah (menghapus dosa yang telah dilakukan)

Pahala seperti Haji dan Umrah

Jika Sahabat Muslim membaca dzikir pagi dan petang, maha akan mendapatkan pahala seperti haji dan umrah secara sempurna. 

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat subuh berjemaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Dhuha. Maka, dia seperti mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah secara sempurna.” (HR.Thabrani).

Itu tadi beberapa alasan pentingnya berdzikir pagi dan petang. Sebetulnya sangat banyak dan lebih dari yang disebutkan ya manfaat yang bisa Sahabat Muslim dapatkan ketika melakukan dzikir pagi dan petang. 

Dalam keadaan dan kondisi apapun, semoga Sahabat Muslim senantiasa diberikan kemudahan dalam mengingat Allah SWT, salah satunya dengan berdzikir. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Wallahualam

Sudah tahu penyebab susah mendapat hidayah? yuk baca artikel penyebab terhalangnya hidayah

Referensi: 

https://www.diadona.id/d-stories/7-manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-bikin-hati-jadi-tenang-hingga-dijanjikan-surga-210330h.html

https://hot.liputan6.com/read/4223769/6-manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-beri-ketenangan-jiwa

https://indramayu.pikiran-rakyat.com/belia/pr-111780403/amalkan-setiap-hari-inilah-10-manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-lengkap-dengan-dalil-al-quran-dan-hadits-shahih?page=4

https://www.merdeka.com/trending/manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-lengkap-dengan-dalil-dan-bacaannya-kln.html?page=4

Makna Puasa Senin Kamis yang Harus Kamu Tahu

Bagi Umat Muslim, berpuasa bukanlah ibadah yang asing dan tidak hanya dilaksanakan saat Bulan Ramadhan. Dalam beberapa amalan sunnah juga terdapat anjuran Umat Muslim untuk berpuasa di dalam hari – hari tertentu pada Kalender Islam. 

Salah satu puasa sunnah yang dikerjakan langsung oleh Rasulullah SAW. adalah puasa Senin Kamis. Seseorang yang melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis akan mendapatkan pahala dari Allah SW Namun apabila tidak dikerjakan, tidak akan berdosa, karena bukan sesuatu yang wajib. 

Selama melaksanakan Puasa Senin Kamis, apakah Sahabat Muslim mengetahui apa saja maknanya? Berikut adalah hal – hal yang tersimpan dibalik puasa senin kamis ini. 

Menjadikan Diri untuk Berdisiplin
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Ketika Sahabat Muslim berpuasa Senin Kamis hingga rutin maka akan menjadikan diri untuk selalu berdisiplin dalam segala hal. Dengan berpuasa, kita akan merasa bahwa Allah SWT selalu melihat dan mengetahui setiap tindakan yang dilakukan, serta akan menghindari kita dari segala hal yang dapat membatalkan puasa. 

Memperlancar Rezeki
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Rezeki tidak selalu berbentuk uang. Kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah SWT juga merupakan bagian dari rezeki. Puasa Senin Kamis bisa mempengaruhi rezeki seseorang karena dapat meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan yang dimiliki seorang individu agar selalu dekat dengan Allah SWT.

Hari Ketika Amal Diperiksa
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Menurut Riwayat Nabi Muhammad SAW. pada setiap satu pekan, amal – amal akan diperiksa pada hari Senin dan Kamis. Ada baiknya ketika hari diperiksanya amal manusia, kita melakukan puasa. Dengan berpuasa, Insya Allah kita akan terjaga dari hal – hal kemaksiatan dan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. 

Terhindar dari Godaan Setan
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Sering mendengar kalau di bulan Ramadhan Setan dikurung atau dipenjara? Dengan berpuasa, jalan setan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat dan dapat menurunkan resiko pengaruh – pengaruh jahat terhadap manusia, seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan larangan – larangan Allah SWT. 

Itu tadi makna – makna yang mungkin kita tidak ketahui apabila melakukan puasa sunnah Senin Kamis. Tidak hanya untuk urusan akhirat, puasa Senin – Kamis juga ternyata memiliki makna yang luar biasa untuk urusan dunia. 

Yuk, untuk Sahabat Muslim yang tidak ada halangan untuk berpuasa, jangan lupa untuk melaksanakannya ya! Puasa Senin Kamis dapat memberikan manfaat dunia akhirat. 

Wallahu’alam. 

 Baca puasa sunnah lainnya

Referensi: 

https://kabar24.bisnis.com/read/20210209/79/1354206/niat-puasa-senin-kamis-simak-arti-dan-manfaatnya

https://blog.kitabisa.com/20-manfaat-puasa-senin-kamis-bagi-dunia-akhirat/

https://sragenupdate.pikiran-rakyat.com/religi/pr-1842171384/6-manfaat-menghayati-makna-dari-niat-puasa-senin-kamis?page=2

http://repository.radenintan.ac.id/9889/1/pusat.pdf

https://www.bola.com/ragam/read/4339662/5-manfaat-puasa-senin-kamis-lengkap-beserta-niat-menjalankannya

https://tirto.id/manfaat-puasa-senin-kamis-untuk-wanita-bisa-mencerahkan-kulit-gavd

Mengenal Lebih Dekat dengan Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Safar

Sahabat Muslim, udah tau belum nih kalau di Bulan Safar atau September ini kita bisa melaksanakan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh? Puasa ini adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. setiap pertengahan bulan selama tiga hari. 

Pada bulan September ini, Sahabat Muslim dapat melakukan puasa Ayyamul Bidh di tanggal 13  – 15 Safar 1443 H yang jatuh pada tanggal  20 September – 22 September 2021. 

Sebelum melaksanakan puasa, sudah tahukah informasi tentang Puasa Ayyamul Bidh? 

Disebut dengan “Puasa Hari – hari Putih”

Puasa Ayyamul Bidh disebut dengan “Puasa hari – hari putih” karena bertepatan dengan kondisi bulan yang terang, sehingga malam terlihat bersinar seperti warna putih. Oleh karena itu, Rasulullah SAW. menganjurkan untuk berpuasa pada tiga hari (13, 14, dan 15 setiap bulan Qomariyah di Tahun Hijriyah). 

Puasa Sepanjang Tahun

Dalam Kitab HR Bukhari Nomor 1979, puasa selama tiga hari setiap bulan seperti puasa sepanjang tahun. Satu hari kita melaksanakan puasa sunnah, kita akan mendapatkan kebaikan 10 kali lipat, dan apabila kita berpuasa tiga hari dalam satu bulan, kita akan mendapatkan 30 hari kebaikan. Ketika itu dirutinkan menjadi puasa selama tiga hari setiap bulannya, insyaAllah kita akan mendapatkan kebaikan sepanjang tahun. 

Berkaitan dengan Kisah Nabi Adam AS

Riwayat Ibnu Abbas mengatakan bahwa ketika Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi pertama kali, seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam. Kemudian Allah SWT memberikan wahyu kepada Nabi Adam AS untuk berpuasa selama tiga hari. Saat menjalankan puasa hari pertama, sepertiga tubuh Nabi Adam menjadi putih, hingga sampai hari ke tiga, tubuh Nabi Adam sepenuhnya menjadi putih.  

Tiket Surga Ar Rayan

Ahli puasa akan mendapat pintu khusus untuk masuk surga. Dikutip dari Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, orang-orang yang suka berpuasa, termasuk puasa Ayyamul Bidh, akan masuk ke dalam satu pintu surga bernama Ar Rayyan. 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah niat puasa Ayyamul Bidh yang dapat dibacakan pada malam hari: 

“وَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala 

“Saya niat puasa pada hari-hari putih , sunnah karena Allah ta’ala.”

Namun, apabila dibacakan pada keesokan hari atau setelah terbit fajar, maka bacaannya adalah: 

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَ

Nawaitu Shauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala

“Saya berniat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah Ta’ala”

Wallahu’alam. 

Nah itu tadi informasi – informasi seputar Puasa Ayyamul Bidh. Di Bulan Safar ini, ternyata kita bisa melakukan Puasa Sunnah yang memiliki keutamaan hingga menjadi salah satu kesempatan kita untuk mendapatkan tiket surga. 

Referensi:

https://www.suara.com/news/2021/09/19/181242/jadwal-puasa-ayyamul-bidh-september-2021-dan-hadits-yang-meriwayatkannya

https://jatim.poskota.co.id/2021/09/18/puasa-sunnah-ayyamul-bidh-di-bulan-safar-1443h-berikut-jadwal-dan-bacaannya?halaman=3

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/niat-puasa-ayyamul-bidh-september-2021/3

https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/09/18/dua-hari-lagi-puasa-ayyamul-bidh-safar-1443-h-ini-keutamaan-dan-niat-yang-harus-dibaca?page=4.

https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/muslim/pr-1222634570/jadwal-dan-niat-puasa-ayyamul-bidh-dilaksanakan-hari-ini-senin-20-september-2021?page=4

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-dan-niat-puasa-ayyamul-bidh-safar-1wYzy8Yw5Dl/full

4 Bentuk Kebaikan Ketika Mendengar Adzan

Adzan merupakan panggilan ibadah bagi Umat Muslim untuk menjalankan sholat. Dalam sehari, kita akan mendengarkan adzan sebanyak 5 kali. Tapi, tahukah kamu ketika kita mendengarkan adzan bahkan menjawab dengan do’a, terdapat kebaikan – kebaikan yang bisa kita dapat.  Ini dia kebaikan ketika mendengar adzan.

Mendapat Syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Seseorang yang mendengar adzan dan memahami maknanya serta bershalawat, akan mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW dan disebut namanya diantara para malaikat di Surga. 

Mengandung Pahala yang Besar

Seandainya orang – orang mengetahui pahala yang terkandung pada adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian.” (HR Bukhari dan Muslim).

Menjawab Adzan Akan Diampuni Dosa 

Barangsiapa yang ketika mendengarkan adzan dia mengucapkan: aku bersaksi bahwasanya tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT. Siapa yang mengucapkan itu, maka dosa – dosanya akan diampuni (HR. Ahmad, Muslim, dan lainnya).

Doa Akan Dijabah

Ketika mendengar suara adzan, Umat Muslim dianjurkan untuk banyak berdoa, karena pada waktu ini doa tidak akan ditolak. 

Itu tadi beberapa kebaikan yang kita dapatkan ketika mendengar hingga menjawab adzan. . Ternyata, adzan tidak hanya sekedar panggilan untuk menunaikan sholat ya, Sahabat Muslim, didalamnya juga tersimpan banyak makna. 

Sahabat Muslim juga bisa mendengar adzan di mana pun dan kapan pun dengan fitur ‘Waktu Sholat’. Fitur ini menyediakan jadwal dan waktu sholat baik itu di dalam aplikasi maupun lewat notifikasi.

Yuk download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store Kamu! 

Selain mendengar adzan, baca bentuk kebaikan lainnya

Referensi:

https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-20793967/menakjubkan-inilah-7-manfaat-mendengarkan-adzan-salah-satunya-mendapatkan-kedudukan-di-surga

https://www.republika.co.id/berita/p70ekx396/keutamaan-azan

http://pm.unida.gontor.ac.id/4-manfaat-menjawab-azan/

https://akurat.co/4-hal-yang-harus-dilakukan-orang-islam-saat-mendengar-azan?page=1

Iman Turun? Saatnya Baca Doa Ini!

Iman turun

Iman manusia pada umumnya bersifat dinamis. Ada kalanya naik dan ada kalanya turun. Apabila Sahabat Muslim merasa iman melemah dan turun, manusia menjadi lebih mudah tergoda untuk melakukan hal – hal yang bisa mengarah kepada dosa. Selain itu, ibadah pun merasa malas bahkan sulit dilakukan. Nabi Muhammad SAW. bersabda: ‘Al iman yazid wa yanqush’ yang artinya ‘Iman itu bisa naik dan bisa juga turun’.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menguatkan kembali iman yang dirasa turun atau lemah, mulai dari memperbaiki shalat, memperbanyak membaca Al-Qur’an, serta banyak berdzikir. Sebagai seorang muslim, tentunya kita memiliki harapan dong ya supaya iman bisa stabil dalam setiap situasi dan kondisi. 

Jika itu terjadi, Sahabat Muslim bisa membaca doa ini apabila merasa imannya melemah atau turun. Doa ini tertuang dalam Hadis Riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah:

‘Amantu billahi wa rusulihi huwal awwalu wal akhiru wadz dzahiru wal bathinu wa huwa bi kulli syai-in ‘alim’

Artinya: ‘Saya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dia yang awal dan yang akhir, yang zahir dan yang batin. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu’. 

Atau juga bisa dengan membaca Doa ini: 

‘Allahumma a’inna ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika’

Artinya: ‘Ya Allah, tolonglah kami untuk berzikir kepada-Mu dan bersyukur kepada-Mu, dan beribadah sebaik – baiknya kepada-Mu’ 

Selain membaca Doa diatas, Sahabat Muslim bisa melakukan muhasabah diri dengan hal – hal berikut: 

1. Menyadari bahwa ibadah yang kita lakukan adalah bagian dari wujud syukur kepada Allah SWT. 

2. Menyadari bahwa semua bentuk ibadah merupakan kebutuhan manusia, bukan wujud Allah membutuhkan kita. 

3. Menyadari bahwa beribadah dengan baik dan istiqamah itu memberikan manfaat untuk diri sendiri, seperti menjadi tenang, damai, dan tentram

Baca juga artikel tentang Adzan

Referensi:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4252787/baca-doa-ini-untuk-menguatkan-kembali-iman-yang-tengah-lemah

https://news.detik.com/berita/d-4044159/jurus-menghalau-iman-yang-naik-turun

Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura di Bulan Muharram

puasa

Pada 10 Agustus 2021, Umat Muslim memperingati Tahun Baru Islam 1443 H, dan Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Kalau sebelumnya pernah dibahas kenapa kita harus berpuasa di bulan Muharram, sekarang mengenai Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura, simak yuk!

1. Puasa Tasu’a

Puasa ini dilaksanakan setiap tanggal 9 Muharram. Dibalik puasa Tasu’a ini, ternyata ada sebuah keinginan Rasulullah SAW. yang belum terlaksana, lantaran ajal menjemput terlebih dahulu. Ternyata, keinginan tersebut adalah Puasa Tasu’a, yakni puasa pada 9 Muharram. Keutamaan dari menjalankan puasa ini adalah salah satunya menebus dosa setahun silam begitu juga dengan Puasa Asyura. Niat dari Puasa Tasu’a sendiri adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tasu’a sunnatal lillaahita’ala 

“Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala” 

Oleh karena itu, Puasa Tasu’a dianjurkan untuk umat Nabi Muhammad SAW. karena merupakan salah satu keinginan Rasulullah. 

2. Puasa Asyura 

Puasa ini dilaksanakan pada 10 Muharram dan Asyura sendiri artinya adalah bilangan atau tanggal 10. Hari Asyura merupakan hari puasa umat Nabi Musa. Ibnu Abbas mengungkapkan bahwa Nabi Muhammad SAW datang ke Madinah dan melihat orang – orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. 

Nabi Muhammad SAW. bersabda: 

“Saya lebih hormat terhadap Musa dari kamu.” Lalu beliau berpuasa pada hari itu dan menyuruh orang agar berpuasa.” (HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah memuliakan hari Asyura dengan berpuasa. Adapun niat dari Puasa Asyura yakni:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala

“Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala” 

Nah itu sekilas informasi mengenai Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura. Keduanya memiliki kemuliaan karena terjadi di bulan Muharram. Bagi yang menjalaninya, mudah – mudahan Allah SWT menerima puasanya dan menjadi pelebur dosa, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Buat yang belum sempat menjalaninya, mudah – mudahan Allah SWT selalu memberikan keberkahan kepada kita semua dalam berbuat kebaikan ya, Aamiin. 
 

Baca juga amalan sunnah lainnya yaitu sunnah-sunnah rosul.

Referensi: 

https://jurnalmedan.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-1492362146/5-keutamaan-puasa-tasua-dan-puasa-asyura-di-bulan-muharram?page=4

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2021/08/11/bacaan-niat-puasa-tasua-dan-puasa-asyura-dengan-lafal-latin-arti-dilakukan-pada-18-19-agustus-2021?page=4

https://news.detik.com/berita/d-5672805/niat-puasa-tasua-dan-asyura-bulan-muharram-lengkap-jadwal-pelaksanaannya