5 Hal yang Kamu Bisa Hindari Ketika Mondok di Pesantren

Sahabat Muslim, pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang sudah ada di Indonesia sejak lama. Pondok Pesantren merupakan sebuah tempat untuk mempelajari agama Islam dan ilmu pengetahuan lainnya, yang kemudian akan ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para santri yang belajar di pesantren.

Nyantri merupakan pengalaman yang unik dan tidak bisa didapat di sekolah-sekolah biasa. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu sekaligus amal baik dan disiplin diri, namun ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika kamu menjadi santri dan mondok di pesantren manapun. Berikut beberapa hal yang harus kamu hindari ketika menjadi santri. 

Menyendiri

Berbaur bersama teman sangat diperlukan kalau mondok di pesantren. Karena di pesantren harus melakukan semuanya bersama dengan teman-teman se-asrama. Jadi jangan pernah meninggalkan waktu makan bersama, karena itu adalah momen yang paling tepat untuk berbaur dengan teman-temanmu supaya makin akrab. 

Pelit

Karena semuanya harus dilakukan bersama – sama, Sahabat Muslim harus siap berbagi dan tidak boleh pelit. Mulai dari berbagi makanan, sampai berbagi tempat tidur. Meskipun ada yang menggunakan tempat tidur tingkat untuk tidur, masih banyak juga yang masih menggunakan alas karpet untuk tidur.

Mengantuk Saat Mengaji

Di setiap mata pelajaran, selalu ada siswa yang mengantuk, namun kalau di pesantren mengantuk bersama-sama adalah kegiatan yang dilakukan saat mengaji bersama, mungkin karena merasa damai mendengar suara ayat-ayat suci. Kita bisa menghindari ini dengan cara cuci muka atau wudhu.

Lupa saat hapalan

Menghafal kadang bukan kekuatan terbesar seseorang dalam belajar. Ketika kita belajar di pesantren kamu pasti diharapkan untuk bisa menghafal surah-surah dari ayat suci, doa-doa, atau hadist, dan pasti akan ada tes hafalan dengan ustad dan ustazah. Kunci agar tidak lupa dengan hafalan, kita bisa mengulanginya beberapa kali dan berusaha tenang saat sedang menghafalkan di depan pengajar.

Tidak Mengatur Waktu

Merupakan kesalahan besar sekali apabila kamu tidak mengatur waktumu dengan baik, karena kegiatan yang sangat padat. Aktivitas santri di pesantren pasti akan lebih sibuk daripada siswa di sekolah biasanya, yang dimana sekolah hanya berhenti ketika jam pembelajarannya selesai sedangkan pesantren harinya dimulai dari sholat subuh sampai jam tidur yang sudah diberikan.

Untuk membantu menghindari lupa saat hafalan, Sahabat Muslim bisa menggunakan aplikasi Arah Muslim untuk membaca dan mendengarkan murotal surah dan doa-doa yang harus Sahabat Muslim hafalkan. Dan membantu pembelajaran di pesantren, seperti mengatur jadwal dan melihat kelas serta tugas yang diberikan, Sahabat Muslim bisa menggunakan Santrimedia yang sudah terintegrasi dengan Arah Muslim.

Nah, Sahabat Muslim,  Itulah 5 hal yang harus hindari ketika mondok di pesantren yang dapat membuat kehidupan kita di pesantren nyaman dan aman dari hukuman ustad dan ustazah, serta membuat kamu mempunyai banyak koneksi dan teman. Dari kelima hal itu, mana yang berhasil Sahabat Muslim hindari?

Sumber:

https://www.brilio.net/news/16-hal-ini-hanya-dirasakan-mereka-yang-pernah-jadi-santri-1510223.html

https://id.quora.com/Apa-saja-kegiatan-para-santri-di-pesantren-setiap-harinya

https://al-bayan.ponpes.id/post-6-kegiatan-yang-lekat-dengan-santri.html

https://retizen.republika.co.id/posts/21186/belajar-dari-pondok-pesantren-berkarya-dan-mandiri

https://www.qureta.com/post/mengapa-memilih-pesantren-ini-7-manfaat-belajar-di-pesantren

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.