5 Amalan Sunnah Rasul yang Mudah untuk Diamalkan Sehari-hari 

Sahabat Muslim, siapa disini yang sering menjalankan sunnah? Walaupun sunnah merupakan salah satu bentuk ibadah banyak diketahui, tetapi masih banyak orang yang jarang melakukannya. Berbagai alasan kadang dikeluarkan untuk menghindari melakukan sunnah. Padahal sunnah adalah salah satu amalan penambah pahala bagi kita. 

Ketika mendengar kata sunnah, yang terbayang oleh sahabat muslim pasti berbagai macam hal yang rumit dan susah dilakukan. Ternyata banyak sunnah Rasul yang sangat sederhana dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh sahabat muslim. Berikut amalan sunnah Rasul yang mudah untuk diamalkan sehari-hari.

Tersenyum

Salah satu sunnah Rasul yang mudah untuk kamu amalkan sehari-hari adalah tersenyum. Bahkan senyum pun bisa dihitung sebagai sedekah yang kita berikan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Senyummu dihadapan saudaramu sesama muslim adalah bernilai sedekah bagimu”. (HR. Tirmidzi)

Berbicara Baik atau Diam

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu berakhlak mulia. Rasulullah SAW. selalu berkata baik, tentunya sebagai umatnya kita juga harus menjalankan sunnah Rasul dan lebih baik diam apabila mempunyai keinginan untuk berkata buruk.

Bangun Lebih Awal

Pernah dengar mitos “Bangun siang rejeki dipatok ayam” yang biasanya dikatakan untuk memotivasi orang untuk bangun lebih pagi? Ternyata sunnah Rasul juga mengajarkan kalau bangun lebih awal atau sebelum waktu subuh tiba bisa membawa berkah baik lho. Rasul bersabda, “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta”. (HR. Ath Thabrani)

Makan dan Minum Sambil Duduk

Sunnah Rasul yang selanjutnya adalah Makan dan minum sambil duduk. Selain itu, makan dan minum bisa membawa manfaat bagi tubuh kita juga, karena makanan dan minuman jatuh dari kerongkongan ke lambung dengan perlahan dan tidak membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Mengucap Salam

Ketika memasuki sebuah rumah atau ruangan, ada baiknya mengucap salam. Selain merupakan sunnah Rasul, mengucap salam dapat mengusir setan yang menghuni rumah ketika tidak ada yang menghuninya dan membuat suasana rumah tenang tanpa ada gangguan. 

Setiap amalan sunnah Rasul memiliki syafaat dan bisa menjadi sebab dari turunnya rahmat Allah SWT. Amalan sunnah Rasul dapat dilakukan dengan sunnah yang paling ringan dan mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Amalan sunnah ini bahkan sudah menyatu dengan kebiasaan kita.

Nah Sahabat Muslim dari sekian banyak amalan sunnah Rasul, itulah beberapa amalan sunnah Rasul yang dapat diamalkan sehari-hari. Mudah bukan? Yuk kita mulai jalankan. Semoga dengan menjalankan dan mempertahankan  amalan sunnah ini dapat menjadi berkah dan bermanfaat bagi sahabat muslim. 

Sumber:

https://www.gorajuara.com/khazanah/pr-1003731384/mudah-dilakukan-yuk-lakukan-11-sunnah-rasulullah-yang-ringan-dilakukan-namun-sering-dilewatkan

https://muslim.okezone.com/read/2021/01/08/330/2341057/8-amalan-sunnah-sehari-hari-yang-mengundang-rahmat?page=2

https://pergiumroh.com/blog/sunnah-ringan-yang-bisa-diamalkan-sehari-hari

https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-233316388/10-sunnah-rasul-yang-ringan-dilakukan-sehari-hari-inilah-kunci-mendapatkan-surga?page=3

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.