5 Amalan Nisfu Sya’ban yang Membawa Kebaikan

Nisfu Sya’ban adalah tanda atau peringatan tanggal 15, bulan ke delapan dari kalender Islam. Nisfu Sya’ban dianggap sebagai malam penuh berkah, malam pengampunan, dan pembebasan. Sebagai Umat Muslim, Nisfu Sya’ban merupakan malam untuk mendapatkan segala kebaikan, keberkahan, dan juga pengampunan dosa. 

Selain itu, malam Nisfu Sya’ban juga memiliki amalan – amalan yang sangat luar biasa. 

Sama seperti Bulan Ramadhan, Nisfu Sya’ban juga memiliki berbagai amalan istimewa yang dapat kita lakukan. Amalan tersebut dapat dilakukan sebelum ataupun saat Nisfu Sya’ban berlangsung. Berikut amalan – amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan saat Nisfu Sya’ban. 

Melakukan Salat Sunnah 

Salat Sunnah merupakan salah satu amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan saat Nisfu Sya’ban. Terdapat beberapa Salat Sunnah yang dianjurkan, yaitu salat Tasbih, Salat Hajat, dan Salat Taubat. 

Membaca Dua Kalimat Syahadat

Sayyid Muhammad bin Alawi dalam Kitab Ithmi’nanul Qulub Bidzikri ‘Allamil Ghuyub mengatakan bahwa seorang muslim bisa mengisi waktu yang penuh berkah dengan membaca dua kalimat syahadat. Kalimat syahadat apabila sering dibacakan itu sangat baik, terlebih lagi pada Nisfu Sya’ban.

Berpuasa

Puasa pada malam Nisfu Sya’ban biasanya dilaksanakan pada Ayyamul Bidh. Di bulan Sya’ban ini, Rasulullah SAW. bersabda bahwa amal – amal hambaNya diangkat atau diterima oleh Allah di bulan Sya’ban, jadi sangat baik ketika kita berpuasa. 

Membaca Surat Yasin Tiga Kali 

Surat Yasin yang dibaca pertama kali adalah untuk memohon panjang umur dan ketaatan kepada Allah SWT, kedua untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala, dan ketiga untuk memohon ditetapkannya iman Islam hingga akhir hayat. 

Membaca Al Qur’an dan Surat Al Waqiah 

Pada malam Nisfu Sya’ban, Umat Muslim bukan hanya membaca Surat Yasin, tetapi juga Surat Al Waqiah untuk memohon rezeki yang berkah. Dalam sebuah hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud, Rasulullah saw. bersabda bahwa Umat Muslim yang membaca Surat Al Waqiah tiap malam, maka ia tidak akan jatuh miskin. 

Nah, itu dia beberapa amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan saat Nisfu Sya’ban,  mulai dari ketentuan membaca surat Al Qur’an hingga melaksanakan Shalat Sunnah. Yuk kita terapkan beberapa amalan istimewa ini. Semoga Allah SWT melipatgandakan pahala kita, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Referensi: 

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5970996/7-amalan-nisfu-syaban-lengkap-dengan-doa-dan-keutamaannya

https://hot.liputan6.com/read/4911994/5-amalan-nisfu-syaban-sesuai-sunah-yang-sayang-dilewatkan-penuh-keutamaan

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220316105658-284-771908/doa-dan-amalan-malam-nisfu-syaban-2022

https://www.pikiran-rakyat.com/khazanah-islam/pr-013991329/9-amalan-malam-nisfu-syaban-lengkap-dengan-doa-dan-keutamaannya?page=2

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.