Jenis Investasi Ini Dilarang dalam Islam, Sudah Tahu?

Di jaman dulu, investasi pasti identik dengan tanah dan emas. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, ada beberapa barang yang bisa dikategorikan sebagai investasi dengan nilai cukup tinggi. 

Bicara tentang investasi, Islam adalah agama yang sangat lengkap, mengatur semua kehidupan manusia mulai dari hal kecil sampai hal yang berhubungan dengan ekonomi. Dalam Islam, pasti nggak lepas ya dengan aturan halal dan haram, begitu juga dengan investasi nih.

Lantas, investasi seperti apa saja yang dilarang dalam Islam?

Investasi Zat Haram 

Zat atau barang haram ini bisa seperti transaksi narkoba, bisnis minuman keras, perdagangan atau jual beli daging babi, serta jenis lain yang jelas – jelas diharamkan dalam Islam dan tidak diperbolehkan.

Investasi yang Mengandung Riba 

Riba adalah pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal dalam transaksi pinjam meminjam atau transaksi jual beli. Ciri dari investasi ini adalah membuat perjanjian imbalan bunga yang berjumlah beberapa persen.

Investasi Berunsur Maisir 

Maisir adalah istilah untuk praktik perjudian yang dilarang dalam Islam. Prakteknya, demi mendapatkan dana banyak, harus mengambil hak orang lain yang juga ikut melakukan investasi. Itulah kenapa Maisir ini dilarang dalam Islam. 

Investasi yang Mengandung Unsur Gharar 

Gharar artinya tidak jelas. Jadi, apabila kamu menemukan investasi yang berbasis online tetapi jenis bisnisnya tidak jelas atau tidak diketahui, lebih baik dihindari. Karena sebagai investor pun kita harus jelas mengetahui dari mana datangnya dana tersebut.

Bagaimana? Sudah tahukan investasi yang dilarang dalam Islam? Tentunya, Islam melarang karena ada maksud atau hikmah dibalik itu semua ya, seperti tidak merugikan orang lain dan juga diri sendiri. 

Jangan tergiur dengan investasi yang kelihatannya memiliki keuntungan tinggi! Selidiki dan pelajari dulu hukumnya dalam Islam. Semoga kita semua terhindar dari hal – hal yang tidak baik dalam agama dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. 

Referensi: 


https://www.most.co.id/tips-investasi/hati-hati-dalam-pilih-investasi-syariah-berikut-contoh-investasi-yang-diharamkan

https://blog.principal.co.id/id/mengenal-jenis-investasi-yang-dilarang-dalam-islam

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.