Hati – hati! Ini 5 Penyebab Terhalangnya sebuah Hidayah

Berbicara mengenai hidayah, pastinya seluruh Umat Muslim akan memohon serta menunggu hidayah datang. Lalu apa itu hidayah? Hidayah adalah petunjuk atau bimbingan yang diberikan Allah Swt untuk seseorang. 

Pertanyaannya, apakah semua orang akan mendapatkan hidayah? Hidayah itu hakikatnya dijemput bukan ditunggu, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Al Qur’an Surat Al Ankabut:69 menjelaskan bahwa orang – orang yang berjihad untuk (mencari Keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan jalan – jalan Kami. 

Namun, meski hidayah itu dijemput, tetapi ada beberapa hal yang menjadi penyebab sebuah hidayah akan terhalang lho. Berikut beberapa halnya : 

Zalim

Zalim adalah kegelapan diakhirat dan didunia, seseorang akan terhalang dari hidayah karena zalim terhadap orang lain ataupun dirinya sendiri. Salah satu zalim yang paling buruk adalah syirik. Seperti apa sikap syirik itu? Mengagung – agungkan atau menyembah selain Allah SWT. sudah termasuk syirik. 

Berbuat Kemaksiatan 

Maksiat merupakan bentuk penyimpangan dari ketaatan kepada Allah SWT dan perbuatan ini menjadi salah satu penghalang seseorang untuk mendapatkan hidayah. Selain menjadi penyebab terhalangnya hidayah, ada pula dosa yang diterima apabila kita berbuat kemaksiatan. 

Bergaul dengan Orang yang Buruk

Berteman atau bergaul dengan orang – orang yang buruk dapat menjadi hal terhalangnya hidayah. Rasulullah SAW. bersabda: Seseorang itu tergantung agama teman dekatnya. Oleh karena itu, salah satu diantara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman dekatnya. (HR Abu Dawud No. 4833 dan At Tirmidzi No. 2378. Ash Shahihah No. 927. 

Takut akan Celaan Manusia

Sulit mendapat hidayah bisa jadi karena adanya rasa kekhawatiran serta ketakutan seperti takut dikucilkan oleh keluarga, masyarakat, dan teman. Ketakutan seperti ini yang membuat seseorang tidak ingin kehilangan harga diri sehingga tidak ingin mengakui kebenaran. 

Takabur

Takabur atau sombong atau tinggi hati juga menjadi penyebab terhalangnya hidayah. Karena sifat sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. Kesombongan bisa membuat hati seseorang mengeras hingga Allah SWT tidak berkenan menurunkan hidayah.

Itu tadi lima hal yang menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah terhadap semua manusia dimuka bumi ini. Bagaimana Sahabat Muslim? Adakah yang mengalami hal – hal diatas? Segera dihindari ya! 

Karena lima hal diatas bisa menjadi penyebab terhalangnya sebuah hidayah. Bisa saja orang sedang menunggu atau mencari hidayah, namun tidak terpikirkan akan hal – hal diatas. 

Semoga kita semua terhindar dari hal – hal diatas dan perbuatan tercela lainnya ya Sahabat Muslim.

Wallahu’alam

Referensi: 

https://www.republika.co.id/berita/quov3x320/3-penghalang-hidayah-allah-swt-untuk-seorang-hamba#:~:text=Seperti%20dikutip%20dari%20laman%20alukah,berbuat%20maksiat%2C%20dan%20melakukan%20pengkhianatan.

https://telisik.id/news/3-penyebab-kita-terhalang-dari-hidayah-allah-swt

https://www.koranmemo.com/wisata-travelling/pr-1922074800/tiga-sebab-seseorang-terhalang-mendapat-hidayah-allah-swt?page=all

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.