Berniat untuk Wakaf? Ini Jenis Wakaf yang Wajib Kamu Ketahui

Berbicara tentang wakaf, pasti identik dengan masjid atau pemakaman. Padahal sebetulnya, tidak hanya keduanya lho! Seperti yang kita ketahui, Wakaf adalah sebagian harta yang diberikan untuk tujuan kebaikan dan dimanfaatkan oleh orang banyak. 

Pemakaman dan masjid menjadi bentuk yang paling umum sebagai harta yang bisa diwakafkan. Tetapi, sebetulnya terdapat beberapa jenis wakaf yang harus kita pahami ketika kita ingin berwakaf. Mulai dari jenis hartanya hingga peruntukkan wakaf itu sendiri. 

Biar makin paham, ArahMuslim bakal jelasin secara detailnya di bawah ini : 

Wakaf Berdasarkan Peruntukannya 

Terdiri dari Wakaf Ahli dan Wakaf Khairi (Kebaikan). Wakaf Ahli bertujuan untuk jaminan sosial dan kepentingan dalam lingkungan keluarga dan kerabat sendiri. Misalnya, harta yang diberikan hanya dapat dimanfaatkan oleh keluarga besar demi kebaikan. Sedangkan Wakaf Khairi, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan agama atau masyarakat umum. Bentuk dari wakaf ini misalnya lahan sawah atau rumah

Wakaf Berdasarkan Jenis Harta 

Wakaf jenis ini tergantung pada jenis harta yang diberikan, misalnya benda tidak bergerak (Tanah, rumah, tanaman), benda bergerak berupa uang (Wakaf tunai), dan benda bergerak selain uang (Surat berharga, bahan bakar minyak, dan benda yang dapat berpindah) 

Wakaf Berdasarkan Waktunya

Jenis wakaf ini terdiri dari dua jenis, yakni Muabbad dan Mu’aqqot. Muabbad diberikan untuk selamanya dan hak kepemilikan sepenuhnya diserahkan demi kebaikan umat tanpa batas waktu. Sedangkan, Mu’aqqot diberikan dalam jangka waktu tertentu.

Wakaf Berdasarkan Penggunaan Harta yang Diwakafkan

Pada jenis ini, wakaf dikelompokkan menjadi dua macam, yakni Ubasyir/dzati dan Mistitsmary. Ubasyir sendiri adalah harta wakaf yang bermanfaat bagi pelayanan masyarakat umum seperti Rumah sakit dan Madrasah. Sedangkan Mistitsmary adalah wakaf yang ditujukan untuk penanaman modal dalam produksi barang dan hasilnya diwakafkan sesuai keinginan orang yang berwakaf. 

Setelah tahu jenis – jenis wakaf secara umum, kita semakin tahu dan menambah wawasan ya, bahwa ternyata wakaf tidak hanya berbentuk rumah, masjid, dan pemakaman. 

Gimana Sahabat Muslim? Berniat untuk berwakaf? Nah nggak perlu repot – repot lagi, karena di aplikasi ArahMuslim telah hadir fitur Wakaf yang bekerjasama dengan Badan Wakaf indonesia untuk memudahkan Sahabat Muslim dalam meraih kebaikan dunia akhirat.

Yuk Berwakaf di ArahMuslim! 😀 

Wallahu’alam

Sumber: 

https://www.wujudaksinyata.org/news/jenis-jenis-syarat-dan-ketentuan-wakaf-sebelum-melakukannya

https://benefits.bankmandiri.co.id/article/jenis-dan-syarat-wakaf-yang-wajib-kamu-ketahui

https://www.rumah.com/panduan-properti/tentang-wakaf-hukum-wakaf-jenis-jenis-syarat-dan-aturan-hukum-23414

https://www.99.co/blog/indonesia/syarat-dan-jenis-wakaf/

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *