Apa Sajakah yang Didapatkan Apabila Menunaikan Zakat? 

Zakat adalah harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang diatur dalam Islam. Zakat berasal dari bentuk kata “Zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. 

Dalam artian tersebut, bisa dikatakan bahwa zakat yang kita keluarkan tidak akan membuat kita miskin atau kekurangan, melainkan InsyaAllah akan membawa berkah.

Selain membuat harta kita menjadi berkah, adakah alasan lain mengapa kita harus berzakat? Apa keistimewaannya? Tentu ada. Kita bahas yuk tentang keistimewaan berzakat dibawah ini.

Salah Satu Sifat Penghuni Surga

Orang-orang yang berbakti dan termasuk penghuni surga adalah orang yang mengeluarkan zakat. Dalam Surat Adz Dzariyat ayat 15 – 19, di dalam harta kita, ada sebagian harta orang lain yang bisa kita keluarkan dengan zakat. Maka dari itu, orang yang senantiasa mengeluarkan zakatnya InsyaAllah akan menjadi penghuni Surga Allah SWT. 

Menenangkan Hati 

Sahabat Muslim suka merasa hati tenang nggak ketika sudah berzakat? Kalau iya, InsyaAllah berarti Sahabat Muslim sudah mulai belajar ikhlas. Zakat memang bermanfaat melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus. Selain itu, Zakat juga bisa membawa banyak keselamatan  untuk diri kita.

Menghapuskan Dosa

Rasulullah SAW. bersabda, ‘Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api’ (Dalam HR At Tirmidzi dan An Nasaa’i). 

Dengan menunaikan zakat, selain bisa menambah pahala, InsyaAllah juga akan menghapus dan mengurangi dosa.

Mendapatkan Petunjuk

Keistimewaan menunaikan zakat lainnya adalah mendapatkan hidayah serta petunjuk dari Allah SWT. Sebagaimana Al Qur’an Surat At Taubah Ayat 18, orang – orang yang menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah adalah golongan orang yang mendapatkan petunjuk.

Membersihkan Harta 

Zakat akan membersihkan dan menyucikan harta, hal ini sesuai dengan Al Qur’an Surat At Taubah ayat 103. Harus kita ketahui, bahwa harta yang kita miliki, bukanlah sepenuhnya milik kita. Di dalamnya ada hak orang lain yang wajib kita berikan sesuai dengan aturan Islam dan itu merupakan cara kita membersihkan harta. 

Wah MasyaAllah ternyata banyak juga ya keistimewaan atau hal – hal yang kita dapatkan ketika kita menunaikan zakat. Sahabat Muslim sudah mulai berzakat belum nih? 

Kalau sudah memenuhi syarat untuk berzakat, jangan lupa untuk ditunaikan ya! Supaya harta kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT dan melatih hati kita agar ikhlas dan tulus. 

Kalau Sahabat Muslim masih bingung mencari layanan zakat digital yang aman, jawabannya adalah di ArahMuslim dong! Di aplikasi ArahMuslim ada fitur ‘Zakat’ juga lho, dan sudah bekerjasama dengan Baznas. Selain itu, di aplikasi ArahMuslim juga ada kalkulator untuk menghitung berapa zakat yang Sahabat Muslim keluarkan. Gimana? Praktis bangetkan? 

Yuk tunaikan zakat jika hartamu sudah mencapai nisab!

Referensi: 

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwiz.or.id%2Fapa-itu-zakat%2F&psig=AOvVaw0GSHDwKjcmbhD3UENsHD_J&ust=1639724982924000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoTCIj9kPDh5_QCFQAAAAAdAAAAABAD

https://www.republika.co.id/berita/q9vk8b282/13-keutamaan-zakat-hapus-dosa-hingga-sifat-penghuni-surga

https://baznas.go.id/artikel/baca/Ini_5_Keutamaan_Zakat_yang_Wajib_Kamu_Ketahui/9

https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-hikmah-zakat-slm/

https://nurulhayat.org/keistimewaan-hidup-dengan-berzakat/

https://www.merdeka.com/jabar/10-manfaat-zakat-bagi-umat-muslim-bersihkan-hati-hingga-sempurnakan-iman-kln.html

https://www.merdeka.com/jateng/6-keutamaan-zakat-fitrah-bagi-umat-muslim-sebagai-jembatan-menuju-surga-kln.html

https://galamedia.pikiran-rakyat.com/humaniora/pr-351834413/13-manfaat-dan-keutamaan-zakat-fitrah-mulai-dari-membersihkan-harta-hingga-mencegah-bencana

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.