Ternyata Ini Amalan yang Dianjurkan Ketika Gerhana Bulan

Adanya fenomena alam gerhana bulan dan matahari tentunya memunculkan berbagai mitos dan pandangan primitif yang dikaitkan dengan nilai spiritual dan sosial. Hal – hal tersebut tidak hanya berkembang di Indonesia, masyarakat Arab sebelum ada Islam pun seperti itu. Mereka menganggap bahwa gerhana adalah sesuatu yang menakutkan dan merupakan suatu pertanda yang buruk akan terjadi. 

Dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta teknologi, kepercayaan terhadap hal – hal tersebut pun mulai hilang. Ditambah lagi dengan hadirnya Islam, Nabi Muhammad SAW. bersabda: 

“Matahari dan bulan adalah dua tanda kebesaran Allah. Keduanya mengalami gerhana bukan karena atau sebab bagi kematian atau kelahiran seseorang”.

Lantas, harus bagaimana Umat Muslim ketika terjadi gerhana bulan? Adakah kegiatan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.? Yuk mari sama – sama kita pelajari ajaran tersebut yuk.

Melakukan Shalat

Ilustrasi: unsplash.com

Shalat ketika terjadi fenomena alam ini dikenal dengan Shalat Gerhana. Jumlah rakaatnya bermacam – macam pendapat, ada yang menyebutkan satu rakaat, atau empat, enam, delapan, dan sepuluh rakaat. Mengenai bacaannya juga ada pendapat yang menyarankan untuk menyaringkan suaranya, tetapi ada juga yang tidak (Sesuai mazhab).

Bersedekah

Ilustrasi: unsplash.com

Nabi Muhammad SAW. menganjurkan Umat Muslim untuk bersedekah saat terjadi gerhana. Karena saat gerhana bulan terjadi akan meningkatkan kesadaran spiritual dan sosial, religius, serta semangat kemanusiaan yang secara tidak langsung muncul. Tetapi, tidak hanya saat gerhana ya, bersedekah hukumnya sunnah untuk menolong sesama manusia. 

Menghadirkan Rasa Takut

Ilustrasi: unsplash.com

Rasa takut ini bukan kepada manusia ya, melainkan kepada Allah SWT, karena peristiwa ini mengingatkan tanda – tanda kejadian hari kiamat, atau adanya Azab Allah SWT yang diturunkan akibat dosa  – dosa. 

Memperbanyak Dzikir

Ilustrasi: unsplash.com

Gerhana bulan merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT, oleh karena itu, Umat Muslim dianjurkan untuk mengingat kepada Allah SWT dengan memperbanyak berdzikir. Dengan berdzikir, kita akan terus mengingat Allah dan juga kebesaran-Nya, dan bisa menjadi salah satu cara pengampunan dosa. 

Sahabat Muslim, gerhana bulan merupakan salah satu bentuk kebesaran Allah SWT, kita sebagai Umat Muslim tidak perlu takut dan tidak perlu mempercayai hal – hal yang belum tentu terjadi saat gerhana bulan datang, karena apapun yang ada didunia ini, terjadi atas izin dan kehendak Allah SWT. 

Dengan menerapkan ajaran – ajaran Nabi Muhammad SAW. pada saat gerhana bulan, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Wallahu’alam. 

Referensi:

https://www.tribunnews.com/sains/2018/01/31/pandangan-islam-tentang-gerhana-bulan-hingga-turun-anjuran-salat-nabi-muhammad?page=3

https://www.liputan6.com/bola/read/4566902/4-tuntunan-nabi-muhammad-saw-saat-gerhana-bulan-26-mei-2021

https://news.detik.com/berita/d-5581950/7-amalan-saat-gerhana-bulan-total-26-mei

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *