Simak Yuk! Ilmuwan Muslim yang Memberikan Pengaruh Besar di Dunia

Sahabat Muslim tau nggak sih kalau kejayaan Islam dimulai pada era 780 – 1258 Masehi. Darimana kita lihat kejayaannya? Kejayaan Islam bisa dilihat dari beberapa hal, salah satunya adalah banyaknya ilmuwan muslim yang memberikan kontribusi di berbagai bidang ilmu pengetahuan. 

Tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan pengaruh di dunia lho! Banyak penemuan – penemuan terdahulu yang dijadikan sumber bagi perkembangan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. 

Dan istimewanya, ilmu pengetahuan modern banyak ditemukan oleh tokoh – tokoh Islam. Lantas, siapa saja ilmuwan Islam yang memberikan pengaruh ke dunia? Berikut nama – nama ilmuwan Islam dari berbagai bidang : 

Ibnu Sina 

Merupakan seorang ilmuwan muslim dunia yang berkontribusi besar di bidang kedokteran. Nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hasan Ali bin Sina. Ilmuwan yang diberikan julukan Al-Ra’s ini adalah yang pertama kali menemukan cara pengobatan bagi orang yang sakit dengan cara penyuntikan. Karyanya yang paling berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine

Al-Farabi

Memiliki nama Abu Nashr Muhammad Al-Farabi, lahir pada 870 M di Farab, sebuah kota di Turki Tengah. Al Farabi adalah seseorang yang jenius, menguasai 89 bahasa dan guru besar muslim di bidang fiqih, filsafat, sains, kedokteran, musik dan puisi.  

Selama hidupnya, Al Farabi menulis buku berbahasa Arab dalam bidang musik, filsafat, sains, kedokteran, dan lain – lain. 

Al Khawarizmi

Pelopor konsep bilangan nol, aljabar, algoritma, dan sistem penomoran ini memiliki nama asli Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi. Selain dikenal sebagai ahli matematika Islam, Al Khawarizmi juga dikenal dalam bidang astrologi dan astronomi lho. Karyanya yang berjudul Al-kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa’l-muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing) menjadi dasar dalam pembelajaran aljabar Ilmu Matematika hingga sekarang lho. 

Al – Zahrawi

Siapa di sini yang takut dijahit kalau luka? Nah, bapak ilmu bedah modern inilah yang mengenalkan benang sebagai alat untuk menutup luka. Al – Zahrawi juga menyusun buku At-Tasrif Iiman Ajiza an at-Ta’liif yang menjadi rujukan para dokter hingga sekarang. Di dalamnya terdapat hal – hal yang terkait tentang penyakit, bedah, dan temuan – temuannya berupa alat kedokteran. 

Ibnu Khaldun

Kalau tadi bahas di bidang kesehatan dan matematika, sekarang kita membahas ilmuwan muslim di bidang sejarah nih, yaitu Ibnu Khaldun. Beliau merupakan seorang sejarawan muslim dari Tunisia. Ilmuwan dari Tunisia ini dikenal sebagai Bapak pendiri Ilmu Historiografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah, di mana didalamnya berkaitan dengan gambaran awal dan sejarah universal manusia. 

MasyaAllah, ternyata banyak lho ilmuwan – ilmuwan yang beragama Islam, dan hebatnya memberikan pengaruh yang baik dan besar untuk dunia. Bahkan, ilmu dan prakteknya digunakan sampai sekarang. 

Mudah – mudahan Allah memberikan Ridhonya kepada kita atau keturunan kita untuk menjadi penerus seperti ilmuwan – ilmuwan muslim yang hebat ini ya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin. 

Wallahu’alam

Referensi : 

 https://www.merdeka.com/jateng/6-ilmuwan-muslim-yang-paling-berpengaruh-di-dunia-wajib-diketahui-kln.html

https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/27/183600679/10-tokoh-ilmuwan-muslim-dan-keahliannya?page=all

https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/14/090259471/siswa-kenali-tokoh-tokoh-ilmuwan-dalam-peradaban-islam?page=all

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4265173/7-ilmuwan-muslim-paling-berpengaruh-di-dunia

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *