Ini Alasan Pentingnya Berdzikir Pagi dan Petang

Sahabat Muslim, seperti yang kita ketahui, bahwa berdzikir merupakan salah satu ibadah yang hamba-Nya lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pernah denger nggak sih tentang dzikir pagi dan petang? 

Sebetulnya. dzikir bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Tapi ada beberapa waktu yang sangat berharga apabila kita berdzikir, salah satunya adalah pagi dan petang. Mengapa pagi dan petang? Karena waktu pagi adalah saat manusia memulai semua aktivitasnya, sedangkan petang menjelang waktu malam dan pergantian dari pagi ke siang. 

Selain dari waktunya, ada juga alasan kenapa berdzikir saat pagi dan petang itu bagus dan penting, berikut alasannya. 

Sebagai Perlindungan kepada Allah SWT 

Untuk dapat menjalankan semua aktivitas di muka bumi ini dan mencari ridho serta beribadah kepada Allah SWT, hamba-Nya dianjurkan untuk senantiasa berdzikir agar mendapat perlindungan dalam menjalankan semua aktivitasnya. Sebagai perlindungan juga terhadap gangguan Jin dan setan. 

Mendapat kasih sayang Allah SWT

Orang yang berdzikir seperti orang yang mencintai Allah SWT, karena selalu mengingatNya dalam keadaan dan aktivitas apapun. Setiap kebaikan yang dilakukan seorang hamba akan mendapat kebaikan berlipat dan Allah SWT akan mengingat kepada hamba-Nya yang senantiasa menyebut nama dan memuji-Nya. 

Mendekatkan diri pada Allah SWT

Berdzikir bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian dan akan selalu ingat akan kebesaran-Nya. Dengan memiliki rasa tersebut, secara tidak langsung berdzikir bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan bertujuan agar mendapat Ridho dan Rahmat dari Allah SWT. 

Diampuni Dosanya 

Dzikir pagi dan petang yang selalu dikerjakan Nabi Muhammad SAW dan diperintahkan kepada hambanya memiliki tujuan agar selalu diampuni segala dosa – dosanya. Sebab, manusia setiap harinya tidak luput dari dosa, salah satunya dengan beristighfarlah (menghapus dosa yang telah dilakukan)

Pahala seperti Haji dan Umrah

Jika Sahabat Muslim membaca dzikir pagi dan petang, maha akan mendapatkan pahala seperti haji dan umrah secara sempurna. 

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat subuh berjemaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Dhuha. Maka, dia seperti mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah secara sempurna.” (HR.Thabrani).

Itu tadi beberapa alasan pentingnya berdzikir pagi dan petang. Sebetulnya sangat banyak dan lebih dari yang disebutkan ya manfaat yang bisa Sahabat Muslim dapatkan ketika melakukan dzikir pagi dan petang. 

Dalam keadaan dan kondisi apapun, semoga Sahabat Muslim senantiasa diberikan kemudahan dalam mengingat Allah SWT, salah satunya dengan berdzikir. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Wallahualam

Referensi: 

https://www.diadona.id/d-stories/7-manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-bikin-hati-jadi-tenang-hingga-dijanjikan-surga-210330h.html

https://hot.liputan6.com/read/4223769/6-manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-beri-ketenangan-jiwa

https://indramayu.pikiran-rakyat.com/belia/pr-111780403/amalkan-setiap-hari-inilah-10-manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-lengkap-dengan-dalil-al-quran-dan-hadits-shahih?page=4

https://www.merdeka.com/trending/manfaat-dzikir-pagi-dan-petang-lengkap-dengan-dalil-dan-bacaannya-kln.html?page=4

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *