5 Makna dibalik Puasa Senin Kamis yang Harus Kamu Tahu

Bagi Umat Muslim, berpuasa bukanlah ibadah yang asing dan tidak hanya dilaksanakan saat Bulan Ramadhan. Dalam beberapa amalan sunnah juga terdapat anjuran Umat Muslim untuk berpuasa di dalam hari – hari tertentu pada Kalender Islam. 

Salah satu puasa sunnah yang dikerjakan langsung oleh Rasulullah SAW. adalah puasa Senin Kamis. Seseorang yang melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis akan mendapatkan pahala dari Allah SW Namun apabila tidak dikerjakan, tidak akan berdosa, karena bukan sesuatu yang wajib. 

Selama melaksanakan Puasa Senin Kamis, apakah Sahabat Muslim mengetahui apa saja maknanya? Berikut adalah hal – hal yang tersimpan dibalik puasa senin kamis ini. 

Menjadikan Diri untuk Berdisiplin

Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Ketika Sahabat Muslim berpuasa Senin Kamis hingga rutin maka akan menjadikan diri untuk selalu berdisiplin dalam segala hal. Dengan berpuasa, kita akan merasa bahwa Allah SWT selalu melihat dan mengetahui setiap tindakan yang dilakukan, serta akan menghindari kita dari segala hal yang dapat membatalkan puasa. 

Memperlancar Rezeki

Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Rezeki tidak selalu berbentuk uang. Kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah SWT juga merupakan bagian dari rezeki. Puasa Senin Kamis bisa mempengaruhi rezeki seseorang karena dapat meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan yang dimiliki seorang individu agar selalu dekat dengan Allah SWT.

Hari Ketika Amal Diperiksa

Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Menurut Riwayat Nabi Muhammad SAW. pada setiap satu pekan, amal – amal akan diperiksa pada hari Senin dan Kamis. Ada baiknya ketika hari diperiksanya amal manusia, kita melakukan puasa. Dengan berpuasa, Insya Allah kita akan terjaga dari hal – hal kemaksiatan dan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. 

Terhindar dari Godaan Setan

Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Sering mendengar kalau di bulan Ramadhan Setan dikurung atau dipenjara? Dengan berpuasa, jalan setan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat dan dapat menurunkan resiko pengaruh – pengaruh jahat terhadap manusia, seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan larangan – larangan Allah SWT. 

Itu tadi makna – makna yang mungkin kita tidak ketahui apabila melakukan puasa sunnah Senin Kamis. Tidak hanya untuk urusan akhirat, puasa Senin – Kamis juga ternyata memiliki makna yang luar biasa untuk urusan dunia. 

Yuk, untuk Sahabat Muslim yang tidak ada halangan untuk berpuasa, jangan lupa untuk melaksanakannya ya! Puasa Senin Kamis dapat memberikan manfaat dunia akhirat. 

Wallahu’alam. 

Referensi: 

https://kabar24.bisnis.com/read/20210209/79/1354206/niat-puasa-senin-kamis-simak-arti-dan-manfaatnya

https://blog.kitabisa.com/20-manfaat-puasa-senin-kamis-bagi-dunia-akhirat/

https://sragenupdate.pikiran-rakyat.com/religi/pr-1842171384/6-manfaat-menghayati-makna-dari-niat-puasa-senin-kamis?page=2

http://repository.radenintan.ac.id/9889/1/pusat.pdf

https://www.bola.com/ragam/read/4339662/5-manfaat-puasa-senin-kamis-lengkap-beserta-niat-menjalankannya

https://tirto.id/manfaat-puasa-senin-kamis-untuk-wanita-bisa-mencerahkan-kulit-gavd

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *