Mengenal Lebih Dekat dengan Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Safar

Sahabat Muslim, udah tau belum nih kalau di Bulan Safar atau September ini kita bisa melaksanakan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh? Puasa ini adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. setiap pertengahan bulan selama tiga hari. 

Pada bulan September ini, Sahabat Muslim dapat melakukan puasa Ayyamul Bidh di tanggal 13  – 15 Safar 1443 H yang jatuh pada tanggal  20 September – 22 September 2021. 

Sebelum melaksanakan puasa, sudah tahukah informasi tentang Puasa Ayyamul Bidh? 

Disebut dengan “Puasa Hari – hari Putih”

Puasa Ayyamul Bidh disebut dengan “Puasa hari – hari putih” karena bertepatan dengan kondisi bulan yang terang, sehingga malam terlihat bersinar seperti warna putih. Oleh karena itu, Rasulullah SAW. menganjurkan untuk berpuasa pada tiga hari (13, 14, dan 15 setiap bulan Qomariyah di Tahun Hijriyah). 

Puasa Sepanjang Tahun

Dalam Kitab HR Bukhari Nomor 1979, puasa selama tiga hari setiap bulan seperti puasa sepanjang tahun. Satu hari kita melaksanakan puasa sunnah, kita akan mendapatkan kebaikan 10 kali lipat, dan apabila kita berpuasa tiga hari dalam satu bulan, kita akan mendapatkan 30 hari kebaikan. Ketika itu dirutinkan menjadi puasa selama tiga hari setiap bulannya, insyaAllah kita akan mendapatkan kebaikan sepanjang tahun. 

Berkaitan dengan Kisah Nabi Adam AS

Riwayat Ibnu Abbas mengatakan bahwa ketika Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi pertama kali, seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam. Kemudian Allah SWT memberikan wahyu kepada Nabi Adam AS untuk berpuasa selama tiga hari. Saat menjalankan puasa hari pertama, sepertiga tubuh Nabi Adam menjadi putih, hingga sampai hari ke tiga, tubuh Nabi Adam sepenuhnya menjadi putih.  

Tiket Surga Ar Rayan

Ahli puasa akan mendapat pintu khusus untuk masuk surga. Dikutip dari Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, orang-orang yang suka berpuasa, termasuk puasa Ayyamul Bidh, akan masuk ke dalam satu pintu surga bernama Ar Rayyan. 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah niat puasa Ayyamul Bidh yang dapat dibacakan pada malam hari: 

“وَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala 

“Saya niat puasa pada hari-hari putih , sunnah karena Allah ta’ala.”

Namun, apabila dibacakan pada keesokan hari atau setelah terbit fajar, maka bacaannya adalah: 

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَ

Nawaitu Shauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala

“Saya berniat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah Ta’ala”

Wallahu’alam. 

Nah itu tadi informasi – informasi seputar Puasa Ayyamul Bidh. Di Bulan Safar ini, ternyata kita bisa melakukan Puasa Sunnah yang memiliki keutamaan hingga menjadi salah satu kesempatan kita untuk mendapatkan tiket surga. 

Referensi:

https://www.suara.com/news/2021/09/19/181242/jadwal-puasa-ayyamul-bidh-september-2021-dan-hadits-yang-meriwayatkannya

https://jatim.poskota.co.id/2021/09/18/puasa-sunnah-ayyamul-bidh-di-bulan-safar-1443h-berikut-jadwal-dan-bacaannya?halaman=3

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/niat-puasa-ayyamul-bidh-september-2021/3

https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/09/18/dua-hari-lagi-puasa-ayyamul-bidh-safar-1443-h-ini-keutamaan-dan-niat-yang-harus-dibaca?page=4.

https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/muslim/pr-1222634570/jadwal-dan-niat-puasa-ayyamul-bidh-dilaksanakan-hari-ini-senin-20-september-2021?page=4

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-dan-niat-puasa-ayyamul-bidh-safar-1wYzy8Yw5Dl/full

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.