Ini Makna Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Diketahui Umat Islam

Kemarin, Warga Negara Indonesia di seluruh belahan dunia, memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke – 76. Setelah lamanya berjuang untuk Indonesia, akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, warga Indonesia dari Sabang sampai Marauke terbebas dari penindasan dan ketidakadilan. 

Tapi ternyata.. ada yang menarik nih dibalik peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 jika dilihat dari kacamata Islam. Simak informasinya di bawah ini yuk!

Makna Dibaliknya Angka 17 

Soekarno pernah menuturkan, proklamasi pada 17 Agustus 1945 diyakini angka 17 merupakan angka keramat. Soekarno menjelaskan, Al-Qur’an diturunkan pada 17 Ramadhan. Sholat seharinya 17 rakaat dan dipilihnya hari Jumat yang dalam Islam sendiri, merupakan hari yang terbilang mulia. 

Proklamasi Kemerdekaan Terjadi di Bulan Ramadhan 

Kemudian Mansur Suryanegara dalam bukunya yang berjudul Api Sejarah, menyebutkan bahwa peristiwa sejarah proklamasi yang terjadi pada 9 Ramadhan 1364 dihari Jumat Legi merupakan anugerah yang tak hingga dari Allah Yang Maha Kuasa. Wah, ternyata Proklamasi Kemerdekaan itu terjadi pada bulan Ramadhan, bulan yang kita ketahui memiliki sangat banyak keistimewaan.

Pengaruh Organisasi Islam terhadap Edukasi 

Kemudian, ada lagi nih salah satu nilai makna kemerdekaan yang ada hubungannya dengan organisasi Islam (Sarekat Islam) yaitu nilai edukasi. Pada zaman perjuangan kemerdekaan, terdapat organisasi – organisasi terpelajar seperti Budi Utomo, Indische Partij, dan Sarekat Islam. Hal ini menjadi tanda dimulainya pergerakan nasional dengan jelas, yaitu Kemerdekaan Indonesia.

Pada akhirnya, kemerdekaan yang telah diraih dengan pengorbanan dari bangsa terdahulu wajib kita jaga dengan memaksimalkan seluruh potensi sumber daya (manusia dan alam), serta nilai – nilai juang bangsa Indonesia.

Semoga semangat kemerdekaan terdahulu dan kebersamaan sebagai bangsa yang besar kedepannya dapat mewujudkan Negara dan Bangsa yang haldatun tahhibatun warrabun ghafuur dengan Ridho Allah SWT.. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Referensi: https://referensiberita.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1212402956/inilah-makna-proklamasi-kemerdekaan-bagi-umat-islam-yang-jarang-diketahui?page=2

http://sin.fst.uin-alauddin.ac.id/menelaah-makna-kemerdekaan-dalam-perspektif-syariah/

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *