Kenapa Puasa Dianjurkan di Bulan Muharram? Apa Keistimewaannya?

Sebagai bulan pertama di Kalender Hijriyah, Bulan Muharram ini memiliki beberapa keistimewaannya, apalagi kalau berpuasa. Puasa yang dikenal dalam bulan Muharram ini adalah Puasa Muharram atau dikenal juga dengan nama Puasa Assyura. Bulan Muharram itu sendiri ternyata memiliki keistimewaan lho! Pada bulan ini, masyarakat dilarang melakukan hal – hal yang tidak baik dan menyakiti orang lain. 

Ada beberapa keistimewaan lain dari Bulan Muharram yang harus Sahabat Muslim ketahui nih, diantaranya, 

1. Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa AS dan Kaumnya (Bani Israil) dari kejaran tentara Fir’aun dan menenggelamkan mereka di laut merah.

2. Rasulullah menetapkan tanggal 10 Muharram untuk melaksanakan Puasa Muharram sebagai rasa syukur kepada Allah sekaligus menghapuskan tradisi masyarakat Jahiliyah.

3. Dalam Hadis Riwayat Imam Muslim, Rasulullah mengatakan bahwa Muharram termasuk pada bulan yang mulia. 

Lalu, apa saja keistimewaan Puasa di bulan Muharram?

1. Penghapus Dosa 30 Hari 

Dilansir dari NU Online, Imam Ibnu Hajar dalam hadis yang diriwayatkan oleh Hafsah, Nabi bersabda, 

“Puasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah (penghapus doa selama 50 tahun) dan hari pertama bulan Muharram (penghapus dosa 30 hari)” 

MasyaAllah siapa yang mau dihapus dosanya selama 30 hari? Yuk berpuasa! Puasa dibulan Muharram dapat dilakukan satu hari, dua hari, atau sepanjang Muharram apabila tidak memberatkan.

2. Pahala yang Berlimpah

Dari hadis Ibnu Abbas dalam Kitab Tanbihul Ghafilin, Rasulullah SAW. bersabda, ‘Barangsiapa puasa pada hari Asyura, pasti Allah memberi 10 ribu pahala malaikat, 10 ribu pahala orang ibadah haji dan umrah, 1.000 para syuhada’.

Apabila Sahabat Muslim berpuasa di bulan Muharram, InsyaAllah akan mendapat pahala sama dengan bepergian haji dan umrah.

3. Pembeda Antara Umat Islam dengan Kaum Yahudi dan Kaum Nasrani

Kenapa beda? Karena dahulu sebelum Islam masuk, Umat Yahudi dan Nasrani juga memperingati 10 Muharram dengan berpuasa. Dapat dikatakan ini adalah Puasa Tasua (9 Muharram dan 11 Muharram). Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dengan status marfu, Rasulullah SAW. bersabda,

“Puasalah kalian pada hari Asyura dan bedakan dengan kaum Yahudi, puasalah kalian sehari sebelum atau sesudahnya” (HR Ahmad). 

MasyaAllah, ternyata puasa di bulan ini memang istimewa ya. Tidak hanya di bulan – bulan tertentu, berpuasa memang memiliki keistimewaan tersendiri baik dari sisi spiritual maupun sisi medisnya. Dan di bulan Muharram ini juga bisa menjadi pengingat untuk kita semua agar selalu memperbaiki diri, melakukan introspeksi, serta melakukan amal kebaikan. 

Mudah – mudahan Sahabat Muslim senantiasa diberikan kesehatan, supaya bisa berpuasa dan melakukan amal kebaikan lainnya 

Referensi: https://www.orami.co.id/magazine/puasa-muharram/

https://www.ayosurabaya.com/read/2021/08/09/13678/5-amalan-di-bulan-muharam-yang-penuh-berkah

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180911084929-284-329302/keistimewaan-puasa-asyura-di-bulan-muharam

https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-142342172/keistimewaan-puasa-asyura-di-tanggal-10-muharram-begini-niatnya

https://www.republika.co.id/berita/qxju52320/puasa-muharram-niat-tata-cara-dan-keutamaannya

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *