Olahraga Baik untuk Kesehatan, Bagaimana Islam Memandangnya?

Olahraga adalah aktivitas – aktivitas yang mengutamakan gerakan – gerakan jasmani yang dilakukan secara sadar. Apapun kegiatan yang sifatnya menggerakkan anggota tubuh dapat dikatakan olahraga.

Olahraga itu penting lho untuk kesehatan tubuh, tidak hanya secara fisik namun juga bisa membantu menyegarkan jiwa. Sahabat Muslim pernah dengar ungkapan “Mens Sana In Corpore Sano”? Yang memiliki arti “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”

Lalu, olahraga apa aja nih olahraga yang biasanya Sahabat Muslim lakukan? 

Nabi besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW. juga suka berolahraga lho. Bahkan dalam hal menjaga kesehatan, Islam memerintahkan kita untuk mengikuti berbagai olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW. Ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW. diantaranya, berkuda, memanah, lari, jalan cepat, berenang, dan gulat.

Sahabat Muslim, sebelumnya tau nggak kalau olahraga jenis lari yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan? Sahabat Muslim bisa melakukannya di mana aja, bahkan ketika sedang tidak ada niat untuk berolahraga. Terus, apa aja ya manfaat yang kita dapatkan dari lari?

1. Membakar banyak lemak.

2. Otot – otot jantung terlatih.

3. Meredakan stress yang dialami.

4. Menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan kinerja otak dan daya tahan tubuh.

6. Melatih koordinasi tubuh yang baik.

7. Tidur menjadi lebih berkualitas.

8. Mengurangi risiko kematian akibat stroke.

MasyaAllah, banyak banget ya manfaat yang Sahabat Muslim dapatkan ketika menjalankan olahraga lari ini! Manfaat – manfaat tersebut tidak hanya terasa difisik, namun juga dipsikis kita, bahwa lari dapat meredakan stress. 

Sambil berolahraga, Sahabat Muslim bisa lho menggunakan Aplikasi Arah Muslim dengan berbagai fitur di dalamnya! Selain mendapatkan kesehatan jasmani, Sahabat Muslim juga dapat ketenangan spiritualnya. Sahabat Muslim bisa menggunakan fitur Tasbih Digital sambil melakukan olahraga, kemudian bisa berdzikir sambil berlari.

Dengan menggunakan fitur Tasbih Digital, Dzikir bisa lebih terpantau apabila Sahabat Muslim tidak ingat saat berlari. Tidak hanya olahraga lari, fitur ini juga bisa digunakan kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan kita.

Yuk lengkapi amalan ibadah dengan menggunakan Aplikasi Arah Muslim!

Referensi:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4266758/6-olahraga-yang-dianjurkan-rasulullah-bisa-diikuti-untuk-jaga-kesehatan

Olahraga http://e-journal.uajy.ac.id/2063/2/2TA11990.pdf (diakses pada 5 Agustus 2021)

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *