Beberapa Masjid Termegah Ini Berada di Indonesia, Mana Favoritmu?

Masjid merupakan rumah atau tempat ibadah umat Islam. Masjid juga merupakan tempat paling mulia untuk kegiatan ibadah umat Islam, seperti sholat, berdzikir, dan i’tikaf. Apabila Sahabat Muslim sedang berwisata di beberapa daerah di Indonesia, jangan lupa untuk mengunjungi masjid termegah di daerah tersebut ya! Sahabat Muslim sudah tau masjid – masjid mana sajakah yang termegah di Indonesia? Yuk simak infonya di bawah ini. 

1. Masjid Raya Baiturrahman 

Masjid yang terletak di Provinsi Nanggro Aceh Darussalam ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1875. Bagi Rakyat Aceh, masjid ini memberikan kesan yang cukup besar karena adanya beberapa peristiwa tragis, salah satunya adalah Peristiwa Agresi Militer Belanda II yang membuat masjid ini sempat terbakar. Kemudian, pada 26 Desember 2004, Aceh dilanda tsunami dan gempa bumi, dan masjid ini tetap berdiri kokoh, MasyaAllah, luar biasa ya. 

Saat ini, kawasan atau lingkungan masjid juga dijadikan Kawasan Syariat Islam. Jadi, Sahabat Muslim apabila berkunjung ke Kawasan Masjid Raya Baiturrahman, tidak boleh melakukan perbuatan – perbuatan yang tidak baik ya, dan tentunya tidak boleh melanggar Syariat Islam.

2. Masjid Istiqlal

Sahabat Muslim, sudah tau belum kalau Masjid Istiqlal ini terbesar di Asia Tenggara? Masjid ini menjadi simbol toleransi antar agama juga lho karena lokasinya yang tepat berseberangan dengan Gereja Katedral. Rencana pembangunan Masjid ini telah muncul sejak tahun 1950-an, dan lokasi yang berada di sekitar Monumen Nasional (Monas) ini merupakan keinginan Presiden Soekarno.  

Bangunan Masjid Istiqlal yang indah dan megah merupakan hasil kerja arsitektur bernama Friedrich Silaban. Walaupun menganut kepercayaan Kristen Protestan, beliau berhasil menang dengan desainnya yang bertema ‘Ketuhanan’. Pembangunan tiang pertama dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1978 yang diresmikan oleh Presiden Soeharto.

3. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah terletak di Kota Makassar. Masjid ini dibangun sejak tahun 2017 dengan luas bangunan 72 m x 45 m. Titik megah dari masjid ini adalah adanya 99 aneka kubah yang berwarna cerah dan disusun secara bertingkat dengan warna jingga, kuning, juga merah. Angka 99 sendiri diambil dari Asmaul Husna yang berarti nama – nama Allah.

Masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Sulawesi sekaligus menjadi destinasi religi karena berdekatan dengan Pantai Losari, sehingga masjid ini memiliki pemandangan yang indah. Apabila Sahabat Muslim pergi ke Makassar, jangan lupa untuk berkunjung dan beribadah di Masjid 99 Kubah ini ya! 

4. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid termegah keempat adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid yang satu ini menjadi yang terbesar di Sumatera Barat, lho. Masjid ini pertama kali dibangun tahun 2007 dan selesai pada tahun 2016. Masjid Raya Sumatera Barat menjadi yang terbesar karena mampu menampung jemaah hingga 20.000 orang dengan 3 lantai di dalamnya. 

Apabila dilihat dari desainnya, masjid ini menggabungkan unsur – unsur dari rumah gadang dan unsur modern dengan bentuk yang unik sehingga menimbulkan persepsi yang bermacam – macam dari masyarakatnya sendiri. Konsep yang diangkat dari masjid ini adalah “Musyawarah dan Mufakat” dan dikenal sebagai filosofi masyarakat Minangkabau dalam mengambil keputusan.

5. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo atau juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho terletak di Kota Surabaya. Masjid ini didirikan atas prakarsa penasehat, pengurus PITI, dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama pada 15 Oktober 2001 yang bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. kemudian diresmikan pada 13 Oktober 2002.

Nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Cheng Ho, seorang Laksamana asal Cina yang beragama Islam. Oleh karena itu, untuk mengenang perjuangan dan dakwah Laksamana Cheng Hoo, Warga Tionghoa Muslim ingin memiliki sebuah masjid dengan gaya Tionghoa. Pada 28 Mei 2003 masjid ini diresmikan oleh Menteri Agama, Bapak Prof. Dr. Said Agil Husin Al Munawwar.

Referensi:

–          simas.kemenag.go.id

–          www.tagar.id/Filosofi dan Keistimewaan Bangunan Masjid Raya Sumatera Barat

–          Urbane.co.id/Masjid Raya Sumatera Barat-          Travel.kompas.com/Sejarah Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *